Teknik Bola Tangan

Posted on

Teknik Bola Tangan – Handball merupakan jenis olahraga yang agak mirip terhadap sepak bola, tetapi kita dapat melihat dari namanya bahwa olahraga ini dapat dimainkan dengan tangan.

Termasuk cabang olahraga dari tim besar yang saling berhadapan dan terdiri dari 14 hingga 16 pemain dengan satu tim dalam 7 pemain inti termasuk pada kiper.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai teknik bola dengan cara jelas dan lengkap. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Teknik Bola Tangan ?

Pengertian Teknik Bola Tangan adalah olahraga yang dimiliki oleh sekelompok besar tim yang saling bertentangan.

Ini terdiri atas 14 hingga 16 pemain dalam tim dengan 7 orang pemain inti, termasuk dalam penjaga gawang, dan sisanya ialah seorang pemain cadangan yang menggantikan pemain inti jika adanya sebuah cedera atau performa buruk.

Teknik-Bola-Tangan

Sistem olahraga ini hampir mirip dengan sepak bola, tetapi ada banyak adanya sebuah perbedaan antara dua olahraga, yaitu memakai bola tangan dan mencetak gol dengan tangan, sementara sepak bola menuntut pada kaki dan jumlah pemain dan penggemar lebih rendah dari pada sepak bola.

Pada sebuah bidang bola tangan 40 x 20 m dengan sebuah garis pemisah di tengah dan satu gol di tengah dalam kedua sebuah sisi pendek. Garis digambar di sekitar gawang untuk menandai area di mana penjaga gawang hanya boleh masuk.

Baca Juga :  Asal Usul Atlantis

Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak. Bola tangan dimainkan kira-kira dalam waktu 2 x 30 menit. Hukuman dari jarak 7 meter. Handball dimulai pada sebuah Olimpiade.

Sejarah Bola Tangan

Sejarah handball atau bola tangan ialah berada di dunia selama Yunani kuno, olahraga ialah termasuk salah satu jenis olahraga yang dapat ditelusuri kembali ke dalam sebuah kebenaran dari sejarahnya dan memiliki usia tertua.

Sebuah fakta yang meyakinkan telah menunjukkan bahwa seorang pria akan sering lebih pintar menggunakan tangannya daripada kakinya. Seperti yang dikatakan atau diklaim oleh sejarawan terkenal, ia bermain bola tangan jauh lebih awal dari pada sepak bola, bahkan jika persediaannya masih sangat tua.

Bola tangan di zaman kuno merupakan sebuah tanda perkembangan bola tangan modern. Pada saat itu, format dan kondisinya sangat berbeda. Urania, dimainkan oleh orang Yunani kuno (dijelaskan oleh Homer & Odyssey) dan Harpaston, dimainkan oleh orang Romawi, disebut Claudius Ganelus. Ditampilkan dalam sebuah lagu dalam sebuah permainan bola-bola oleh penyair Jerman Walther Von der Volgelweide.

Penjelasan diberikan bahwa karakter biasanya diterjemahkan sebagai format lama dari permainan bola tangan. Rabelais dari Perancis mencerminkan permainan ini dengan menulis kepada mereka bagaimana mereka bermain bola dengan telapak tangan mereka.

Inuit lain yang tinggal dan hidup di dataran hijau pada tahun 1793 menciptakan ilustrasi dan memantulkan dalam sebuah permainan bola dengan tangan mereka. Seorang manajer administrasi Denmark memberikan izin untuk memainkan permainan bola tangan di sekolah menengah di Ortup Denmark dalam tahun 1848 dan mendukung penyerahan langsung aturan dalam permainan tersebut.

Pada abad ke-19, permainan bola tangan yang menuntut dimulai di kota Nyborg, Denmark. Pendiri dan pelopor permainan sebenarnya adalah seorang ahli dalam pendidikan jasmani, ia mengarahkan bola tangan sekitar pergantian abad sesuai dengan 2 format permainan, yaitu Konigsbergerball dan Raffbal. Wallstrom juga memperkenalkan game tersebut di Swedia dalam tahun 1910.

Baca Juga :  Sejarah Nazi Jerman

Teknik Menembak Bola

Terdapat beberapa sebuah tekni pada permainan bola diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Menembak Sambil Menjatuhkan Diri (The Fatal Shot)

Bola dipegang dengan satu tangan, lalu pada tubuh yang bersandar ke depan atau ke samping dan terus bergerak untuk membuka api. Setelah bola dilepaskan dari lengan, penembak mendarat di tubuhnya, diikuti dengan gerakan memutar.

b. Menembak Saat Bola Keatas (The Jump Shot)

Sebelum menembak, penembak melompat dengan tujuan menembak bola di atas kepala atau lengan lawan. Penembak mendarat dengan kakinya di mana ia melompat atau melompat pada awal gerakan.

c. Menembak Saat Meloncat Ke Depan (The Dive Shot)

Jika dia menolak kaki di depan garis gawang, dia melempar tubuhnya ke depan menuju target klub sehingga seluruh tubuhnya melayang di udara. Bola yakni dapat dipegang di atas satu bahu dengan satu tangan dan bola dilepaskan ketika mencapai titik tertinggi dalam sebuah hasil lompatan pada bagian depan.

d. Menembak Saat Melayang (The Flying Shot)

Aspek penting adalah ritme langkah-langkahnya. Para pemain harus bisa menangkap dan mengendalikan bola dengan baik. Kemudian mereka harus melakukan tiga langkah yang diizinkan sebelum melompat pada saat langkah terakhir. Saat melompat, pemain harus dapat berkonsentrasi untuk melompat ke depan dengan cukup dan juga melepaskan bola.

e. Menembak dari samping badan (The Side Throw)

Menembak dari samping berakhir dengan gerakan dimainkan yang menipu lawan sehingga ia bergerak ke arah yang salah dan membuka ruang keras untuk menembakkan bola. Metode ini dilakukan ketika lawan memblokirnya sehingga tidak bisa bekerja dengan teman-teman.

f. Menembak Bola dengan Sikap Berdiri (The Standing Throw Shot)

Tembakan tersebut, begitu sangat sederhana dan dalam sebuah peluang atas keberhasilannya yakni sangat tipis, karena lemparan ini memberi lawan peluang untuk mempertahankan gawangnya. Pada saat penembakan, disarankan untuk menembak di atas panggul dan memantulkan bola di depan gawang sehingga sulit untuk menangkap kiper.

Baca Juga :  Sejarah Himpunan

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan dengan cara lengkap dan jelas yakni mengenai Teknik Bola Tangan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.