SMS Banking Mandiri

Posted on

SMS Banking Mandiri – Layanan Bank Mandiri yang telah memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan dengan mengirimkan SMS ke 3355. Bank Mandiri menawarkan layanan ini merupakan bagian dari sebuah layanan e-banking-nya.

SMS Banking Mandiri yakni menawarkan kemudahan dan kecepatan transaksi perbankan bagi nasabah. Layanan tersebut dapat digunakan dengan mengirimkan SMS dalam format yang ditentukan oleh Bank Mandiri. Format nya yakni telah tergantung pada transaksi yang ingin Anda lakukan.

Sekadar informasi, Bank Mandiri juga menawarkan layanan lain yang termasuk dalam layanan e-banking, yaitu Mandiri Online yaitu Mandiri Mobile Banking dan E-Money Mandiri. Bahkan, Bank Mandiri juga memasukkan LinkAja yakni untuk bagian dari layanan e-banking miliknya. Review selengkapnya yyuukkk … simak sebagai berikut!!!

Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking

Cara termudah untuk mendaftar SMS Banking Bank Mandiri adalah dengan mengunjungi cabangnya. Proses pendaftaran didukung oleh layanan pelanggan.

SMS-Banking-MandiriI

Di rekomendasikan dengan mendatangi kantor Jakarta untuk menyiapkan beberapa dokumen sebagai prasyarat pendaftaran. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain ponsel, pulsa KTP, SMS, dan buku tabungan bank Mandiri.

Cara mendaftarnya, simak di bawah ini:

  • Untuk mendaftar Mandiri SMS Banking, nasabah harus melakukan registrasi Mandiri Mobile Banking di ATM
  • Kunjungi cabang bank terdekat di Mandiri.
  • Setelah sampai di cabang Bank Mandiri silahkan antri dengan menekan mesin antrian customer service. Jika Anda mengalami kesulitan, tanyakan bank Anda tentang keamanan.
  • Jika nomor antrian dipanggil, temui petugas CS dan beritahu dia apakah Anda ingin mendaftar Independent SMS Banking.
  • Harap ikuti instruksi dari petugas CS.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Isi formulir dengan benar sesuai dengan identitas asli Anda.
  • Pelanggan harus memiliki SIM Card dari provider yang berbeda. Bertindak sebagai media untuk memfasilitasi transaksi terkait SMS banking.
  • Jika semua persyaratan sudah benar dan dipenuhi, Anda akan menerima PIN dari Mobile Banking.
  • Yang terakhir yakni akan diaktifkan dengan CS dan dimintai dalam menginstal dan mengunduh Mobile Banking di AppStore atau PlayStore.

Setelah berhasil mendaftarkan SMS Mandiri Bank Mandiri, kita hanya perlu menggunakan layanan transfer uang ke teman Mandiri atau bank lain.

1. Cara Transfer Sesama Bank Mandiri

Untuk transfer bank Mandiri lainnya melalui SMS banking dapat dilakukan melalui SMS manual yang disediakan dalam format Bank Mandiri. Selain itu, kami juga dapat mencoba mengirim SMS Bank Mandiri melalui layanan SMS Mandiri 1416#. Silakan lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang metode perbankan Mandiri.

a. Mandiri SMS 1416#

Untuk menggunakan layanan ini, Nasabah Bank Mandiri harus melakukan registrasi di ATM terdekat atau cabang Mandiri terdekat dan mengaktifkan layanan Mandiri SMS 1416#. Selain itu, layanan ini hanya dapat digunakan di sebuah jaringan XL, Telkomsel, dan Indosat.

  • Pilih menu atau panggilan dan masukkan 1416#.
  • Pilih nomor 3, yakni “Transfer”.
  • Kemudian Anda dapat memilih nomor 2 yaitu “Antar akun”.
  • Masukkan nomor rekening target Bank Mandiri.
  • Kemudian masukkan jumlah nominal uang yang akan di transfer.
  • Anda akan diminta memasukkan PIN dua digit secara berurutan, yang akan dikirimkan ke nomor ponsel Anda melalui SMS.
  • Setelah Anda memasukkan PIN, Anda akan diberi tahu bahwa transfer berhasil.

b. Format SMS Banking Mandiri Sesama

Selain menggunakan layanan Mandiri SMS 1416#, Anda juga dapat mencoba metode Mandiri SMS banking secara manual dengan mengirimkan SMS ke 3355. Kode akun diperlukan untuk metode ini. Kode akun 1 menunjukkan opsi nomor akun Anda sendiri.

Akan tetapi, jika Anda mempunyai yakni lebih dari satu akun, pilih salah satu yang ingin Anda gunakan, misalnya untuk rekening pertama dan 2 untuk rekening nomor dua dst. Kemudian dikirim untuk format SMS seperti di bawah ini:

  • Panggil menu SMS di ponsel Anda
  • Masukkan format SMS Anda: TRT
  • Contoh: TRT 1 123456789 90000
  • Kirim format SMS ke nomor 3355

2. Cara Transfer SMS Banking Mandiri Antar Bank

a. Mandiri SMS 1416#

Seperti diketahui, Mandiri SMS 1416# tidak hanya dapat digunakan untuk transfer antar bank, tetapi juga untuk antar bank seperti BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga atau bank lain. Cara transfer SMS Mandiri juga sangat sederhana. Silakan lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut.

  • Masukkan 1416# di menu telepon (Dial) di telepon Anda
  • Lalu pilih 3
  • Kemudian pilih 1. Antar Bank
  • Kemudian cukup masukkan kode bank tiga digit

3. Cara SMS Banking Mandiri Antar Bank

Layaknya mentransfer uang di ATM, saat pengiriman antar bank menggunakan SMS Banking Mandiri, kita tetap harus menulis kode bank. Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan kode akun yang sama saat dikirimkan ke teman-teman Mandiri Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengirim SMS Perbankan Independen antar bank, lihat di bawah.

  • Panggil menu SMS di ponsel Anda.
  • Masukkan format SMS Bank Mandiri untuk antar bank: TRB . Misalnya TRB 1 002 082502580 100000.
  • Kemudian kirim format SMS ke nomor 3355.
  • Tunggu balasan dengan informasi tentang nama bank penerima, nama pemegang rekening dan jumlah uang yang akan dikirim. Selain itu, format SMS response juga memuat nomor PIN yang digunakan untuk proses transaksi selanjutnya.
  • Jika informasinya adalah yang Anda inginkan, silakan baca SMS. Format SMS: pin nomor 3 atau 4 sesuai pesanan dengan balasan SMS.
  • Harap tunggu lagi balasan SMS yang memberitahukan bahwa proses transfer telah berhasil.

Dengan metode transfer SMS Bank Mandiri yang dijelaskan di atas, Anda tidak perlu kembali ke ATM terdekat untuk mengirim uang ke teman Mandiri Anda atau bank lain. Ini memungkinkan kami mengirim transfer kapan pun, di mana pun.

Tujuan dari layanan Mandiri SMS banking adalah untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri bertransaksi kapan pun dan di mana pun. Untuk dapat menggunakan layanan Mandiri SMS banking, nasabah harus melakukan registrasi dan melakukan aktivitas.

Keuntungan SMS Banking Mandiri

Apakah perbankan SMS yakni lebih menguntungkan daripada perbankan seluler? Karena transaksi perbankan dan non-keuangan memerlukan format untuk dimasukkan dan Anda tidak bisa salah.

SMS-Banking-Mandiri

Beda dengan mobile banking, di mana Anda hanya perlu menekan layanan smartphone sesuai dengan layanan yang ingin Anda gunakan. Penggunaan Mandiri SMS Banking menawarkan keuntungan sebagai berikut:

1. Transaksi Sederhana dan Fleksibel

Masuk ke SMS atau pilih menu dengan memasukkan kode transaksi yang diinginkan. Jawabannya juga diterima melalui SMS. Transaksi juga dapat dilakukan dengan kartu SIM Microbrowser Mobile Banking. Pilih menu di ponsel Anda *).

2. Kartu SIM Apa Pun Tetap Dapat Diproses

Anda dapat menggunakan layanan ini terlepas dari nomor ponsel Anda, Indosat, Telkomsel, XL, dan lainnya. Namun dalam situs resminya, Matrix, Bank Mandiri menjelaskan bahwa pengguna navigator Indosat Life In Hand XL, dan Mentari Indosat dapat menggunakan fitur tersebut.

3. Lebih Efisien

Anda hanya akan dikenakan biaya transaksi SMS yaitu Rp 500 per SMS yang dikirim dan diterima. Selain itu, Anda bisa bertransaksi dimana saja, kapan saja. Sembari memiliki pulsa di nomor ponsel, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan, termasuk transaksi non finansial, misalnya perbankan.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang asuransi keuangan, silakan hubungi Ask Lifepal tanpa biaya. Para ahli di bidang ini akan membantu Anda memecahkan masalah yang muncul.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai SMS Banking Mandiri. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.