Rumus Segi Enam Mencari Luas, Keliling, Diagonal, Tinggi

Posted on

Rumus Segi Enam Mencari Luas, Keliling, Diagonal, dan Tinggi – Bangun dengan segi n yang biasa kita temui yaitu segi tiga. Selain itu segi empat atau yang biasa kita sebut persegi atau pun persegi panjang. Ada lagi segi lima atau disebut dengan pentagon. Kemudian, heksagon atau disebut dengan segi enam.

Pada pelajaran di sekolah, bangun ini hanya sebatas diperkenalkan saja. Berbeda dengan bangun segi tiga, bangun segi enam biasanya hanya ditanya sebatas sifat saja. Meskipun begitu yang namanya pertanyaan pasti random yang ditanya. Walau biasanya ditanya perihal sifat, suatu waktu kita diminta untuk mencari luas, keliling, diagonal, atau pun tinggi dari segi enam ini. Supaya dapat mengerjakan soal tersebut tentunya kita harus mengetahui rumus dari bangun segi enam tersebut.

Tiap segi n memiliki rumus yang berbeda-beda, hal inilah yang menyebabkan kita harus tahu bagaimana rumus dari segi enam ini. Untuk keliling bangun memang kita tinggal menjumlahkan seluruh panjang sisi atau rusuk dari bangun tersebut. Tapi untuk mencari luas, diagonal, dan tinggi bangun bagaimana?

Karena hal itulah yang mendorong terraveu.com untuk membuat artikel ini. Artikel ini akan membahas mengenai rumus dari bangun segi enam untuk mencari luas, keliling, diagonal, dan tinggi yang dilengkapi dengan pengertian, sifat, gambar, dan contoh soalnya. Ayo kita simak bersama artikel mengenai segi enam ini.

Rumus Segi Enam Mencari Luas, Keliling, Diagonal, dan Tinggi

Pengertian Segi Enam

Bangun segi enam termasuk dalam bangun dua dimensi (2D) yang terdiri dari enam rusuk atau sisi dan disebut dengan nama heksagon. Bangun ini memiliki panjang sisi yang sama panjang. Pada bangun ini bila dibagi akan menjadi enam buah segitiga sama sisi.

Contoh dari bangun segi enam yaitu sarang lebah. Bangun ini memiliki bentuk yang sama di semua sisinya sehingga menjadikan ruang lebih besar. Selain itu lebih efisien.

Segienam
Segienam

Sifat Segi Enam

Sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun segi enam di antaranya yaitu:
a. Memiliki enam buah sisi yang sama panjang.
b. Mempunyai enam buah sumbu simetri.
c. Titik sudut yang dimiliki sebanyak enam buah titik sudut.
d. Jumlah semua sudut yaitu 360o dengan sudut dalam yang sama yaitu 120o.
e. Terdiri dari enam buah simetri putar.
f. Terdapat enam buah simetri lipat.
g. Garis diagonal pada bangun ini yaitu sebanyak sembilan buah garis diagonal.

Baca Juga :  Pengertian Barisan Aritmatika dan Geometri Matematika

Rumus Segi Enam

Untuk mengerjakan soal segi enam, Anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

Luas Segi Enam

Luas = 3/2 x √3 x s2

dengan s merupakan sisi.

Keliling Segi Enam

Keliling = 6 x sisi

Diameter Segi Enam

Pada segi enam, diagonal yang menghubungkan dua buah titik sudut yang berseberangan merupakan diagonal terpanjang. Pada diagonal tersebut panjangnya bisa dua kali dari sisi segi enam. Maka,

Diameter = 2 x sisi

Tinggi Segi Enam

h = √3 x sisi

dengan h merupakan tinggi segi enam.

Jenis Segi Enam

Sama halnya dengan segi lima, segi enam juga memiliki dua jenis bentuk yaitu:

a. Segi Enam Beraturan

Segi enam beraturan atau disebut juga dengan segi enam sama sisi merupakan bangun dengan sisi yang sama panjang dan memiliki sudut yang sama besar. Segienam sama sisi ini merupakan segi enam yang dibahas di atas.

b. Segi Enam Tak Beraturan

Pada segi enam tak beraturan ini sisi yang dimiliki tidak sama panjang. Sisi tersebut terdiri dari dua buah sisi yang sama panjang yang berbeda panjangnya dengan empat sisi lainnya. Pada bangun ini, sudut yang dimiliki pun berbeda di tiap titik sudutnya.

Contoh Soal

1. Terdapat triplek yang telah dibentuk segi enam dengan panjang sisinya sebesar 28 cm. Berapakah keliling dari triplek tersebut?

Jawaban:

Diketahui sisi sebesesar 28 cm.

Keliling = 6 x sisi = 6 x 28 = 128 cm

Jadi, keliling dari triplek tersebut sebesar 128 cm.

2. Sarang lebah terdiri dari segi enam. Jika panjang sisi segi enam tersebut 4 cm. Berapa buah segi enam yang diperlukan untuk membangun sarang dengan luas 2.500 cm2?

Jawaban:

Diketahui luas sarang lebah yaitu 2.500 cm2 dan sisi sepanjang 4 cm.

Baca Juga :  Cara Memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel

Pembahasan:
Untuk mencari jumlah segi enam yang diperlukan, maka terlebih dahulu cari luas dari segi enam tersebut. Barulah dapat diketahui jumlah segi enam yang dibutuhkan.

Luas = 3/2 x √3 x s2 = 3/2 x √3 x 42 = 24 √3 = 41,56922 ≈ 41,57 cm2

Misalkan jumlah segi enam = n, maka

n = Luas sarang lebah / luas segi enam = 2.500 / 41,57 = 60,13952 ≈ 60,14

Karena n = 60,14 maka segi enam yang dibutuhkan lebih dari 60 yaitu 61 buah.

Berarti segi enam yang dibutuhkan untuk membangun sarang lebah dengan luas sarang sebesar 2.500 cm2 yaitu sebanyak 61 buah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus segi enam mencari luas, keliling, diagonal, dan tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan lebih memahami konsep segi enam. Terima kasih.