Rumus Peluang Matematika dan Contoh Soal + Jawaban

Posted on

Rumus Peluang Matematika Beserta Contoh Soal dan Jawaban – Pernahkah kamu berada pada pilihan yang membingungkan. Apakah kemungkinan itu ada di antara pilihan-pilihan tersebut? Misalkan kamu sedang mengikuti ujian masuk universitas. Sedangkan hasil dari ujian masuk tersebut jawabannya ada pada diterima atau pun ditolak. Hasil tersebut memiliki dua pilihan yang ditentukan berdasarkan usaha Anda juga. Tetapi tetap ada kemungkinan yang akan terjadi, bukan?

Diterima atau tidak merupakan kemungkinan yang akan terjadi. Kamu tidak tahu apakah nanti akan diterima atau tidak. Meski begitu kamu bisa saja memperkirakan kemungkinan diterima tidaknya kamu. Saat mengerjakan soal apakah sudah maksimal? Syarat yang harus dilengkapi apakah sudah sesuai atau belum. Selain itu juga passing grade untuk dapat masuk bagaimana apakah kamu memenuhi passing gradenya? Jika semua hal tersebut telah terpenuhi, maka kamu kemungkinan besar akan diterima.

Hal-hal tersebut disebut dengan peluang. Dengan peluang tersebut yang menyebabkan kamu untuk mengikuti ujian masuk universitas. Tapi tahukah kamu bahwa peluang dapat dihitung??

Dalam matematika peluang dapat dipelajari dan menjadi salah satu materi. Berikut ini terraveu.com akan menjelaskan mengenai rumus dari peluang matematika beserta soal dan jawabannya lengkap dengan pengertian peluang. Ayo kita simak dan belajar bersama.

Pengertian Peluang

Peluang atau yang biasa dikenal dengan probabilitas merupakan kemungkinan yang mungkin terjadi pada suatu peristiwa.

Rumus Peluang Matematika Beserta Contoh Soal dan Jawaban

Dalam suatu percobaan terdapat peluang yang dapat kita hitung kemungkinannya. Meskipun kemungkinan tersebut tidak pasti akan terjadi secara langsung. Tetapi kemungkinan terjadinya peluang tersebut ada.

Biasanya contoh dari peluang itu terjadi pada pelemparan dadu. Saat kita melempar dadu tersebut kita tidak akan tahu angka berapa yang akan keluar. Tetapi kita dapat mengetahui peluang untuk angka tersebut keluar. Terkadang percobaan tersebut dilakukan tidak hanya sekali. Meski begitu kemungkinan angka yang akan keluar tetap ada kan?

Baca Juga :  Rumus Tabung + Contoh Soal dan Penjelasannya

Sama seperti kita menjalani hidup. Hidup selalu diliputi dengan pilihan, sukses atau tidak. Ya pilihan tersebut memang tidak akan kita ketahui hasilnya. Tetapi peluang yang ada tersebut yang membuat kita terus berusaha untuk menjadi sukses. Meski peluang tersebut kecil sekali pun.

Nilai peluang itu berada pada kisaran antara 0 sampai 1.

Nilai peluang sebesar satu artinya peluang tersebut pasti terjadi. Sebaliknya untuk peluang sebesar nol artinya kejadian tersebut tidak akan terjadi.

Sehingga peluang itu tetap mungkin terjadi, meskipun peluangnya hanya sebesar 0,2. Tidak ada salahnya mencoba meski peluang tersebut berada di 0,00000. Karena bagaimana pun juga nilai peluang tersebut berada di atas nilai 0 dan di bawah 1. Jadi tetap mungkin terjadi.

Rumus Peluang Matematika

Berikut ini rumus peluang matematika yaitu:

P (A) = n (A) ÷ n (S)

Dengan P (A) adalah peluang suatu kejadian. n (A) adalah banyaknya anggota himpunan kejadian A. Dan n (S) adalah banyaknya anggota dalam himpunan ruang sampel S.

Maka dari itu, peluang dapat kita hitung kemungkinan terjadinya. Seperti pada pelemparan koin.

Contoh Soal

  1. Terdapat sebuah dadu yang akan dilempar sebanyak satu kali. Tentukan peluang kejadian munculnya mata dadu dengan jumlah 5!

Jawab:

Dadu memiliki sisi dengan mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Sehingga kemungkinan mata dadu muncul yaitu sebanyak enam kali. Jadi, n (S) = 6.

Mata dadu dengan jumlah 5 yaitu 1 + 4, 2 + 3. Sehingga kemungkinan angka yang muncul yaitu 1, 2, 3, dan 4. Jadi, n (A) = 4.

P (A) = n (A) ÷ n (S) = 4/6 = 2/3 = 0, 67

Jadi, nilai peluang dari kejadian mata dadu yang muncul jumlahnya 5 adalah 0,67.

2. Dua koin dilemparkan secara bersama-sama oleh Tio. Tentukan peluang muncul angka dan gambar pada kedua koin tersebut!

Baca Juga :  Menghitung Rumus Volume Kerucut dan Contoh

Jawaban:

Misalkan G = gambar pada koin dan A = angka pada koin.
Ruang sampelnya yaitu {(G, A), (G, G), (A, G), (A, A)}
Sehingga, n (S) = 4

Angka dan gambar muncul di kedua koin sebanyak dua kali sehingga n (A) = 2.

P (A) = n (A) ÷ n (S) = 2/4 = 1/2 = 0,5

Jadi, peluang munculnya angka dan gambar pada pelemparan koin sebesar 0,5.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai rumus peluang matematika beserta contoh soal dan jawabannya. Semoga Anda mengerti tentang peluang. Terima kasih.