Rantai Makanan Ekosistem Laut

Posted on

Rantai Makanan Ekosistem Laut – Ekosistem secara alami yakni sangat luas. Ekosistem tersebut, dapat dibagi menjadi empat subbagian ekosistem. Baik karena kedalamannya dan karena jaraknya dari sebuah pantai.

Adanya sebuah proses ini dipengaruhi dalam pergerakan air dari suatu pantai dalam tengah laut, suatu peristiwa makanan yang dikonsumsi antara makhluk hidup dengan ekosistem, misalnya pada laut.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Rantai Makanan Ekosistem Laut, beserta penjelasan yang lainnya. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Rantai Makanan ?

Rantai Makanan merupakan adanya sebuah pola dalam pergerakan dan perubahan dalam energi makanan dari spesies tanaman ke organisme lain dengan melalui terhadap pola makanan yang berurutan.

Rantai-Makanan-Ekosistem-Laut

Pola dalam sebuah rantai makanan yakni telah menjadi terhadap ukuran untuk keseimbangan pada makhluk hidup bagi ekosistem. Dalam sebuah rantai makanan, dengan setiap produsen dan setiap konsumen terhubung untuk membentuk lingkaran.

Pada umunya, rantai makanan adalah istilah yang mewakili pengaturan sistematis konsumen dalam sistem biologis. Biasanya, pelaku atau produsen utama adalah tanaman, karnivora, herbivora, dan mikrobakteri sebagai menyederhanakan dalam klasifikasi produsen konsumen terhadap rantai makanan.

Rantai Makanan Ekosistem Laut

Terdapat beberapa contoh dalam rantai makanan ekosistem di laut yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Fitoplankton

Fitoplankton adalah plankton uniseluler yang seperti rantai makanan darat, yang bertindak sebagai produsen. Fitoplankton adalah autotrof karena mereka mempunyai suatu kemampuan untuk membuat makanan sendiri dengan melalui fotosintesis menggunakan sinar matahari.

Karena fitoplankton mempunyai jenis dalam tanaman hijau yakni mirip dengan klorofil. Tingkat pada sebuah tropis pertama adalah salah satu sumber makanan utama yang umum dalam rantai makanan.

Rantai-Makanan-Di-Laut

2. Zooplankton

Zooplankton, merupakan salah satu plankton yang berukuran kecil dan mengapung bebas di dalam air. Memiliki sifat heterotrof yang bergantung dalam organisme lain sebagai bertahan hidup. Rantai makanan yakni telah mencakup konsumen tingkat ketiga hingga keempat atau tingkat I hingga tingkat III sebelum predator.

Baca Juga :  Metabolisme Karbohidrat

Ada dua jenis zooplankton yakni, zooplankton yakni pemakan fitoplankton (konsumen I) dan zooplankton pemakan zooplankton yang ukurannya lebih kecil (Konsumen II beserta Konsumen III).

3. Predator

Predator ikan laut adalah suatu ikan yang dapat berburu, menangkap, dan makan secara alami. Tingkat tropis tertinggi dalam rantai makanan ada di ekosistem laut, tetapi memiliki populasi yang sangat kecil. Contohnya paus yang dapat memakan ikan besar dan sekelompok ikan kecil secara bersamaan.

4. Dekomposer

Komponen yang terakhir adalah dekomposer atau pengurai. Dalam ekosistem laut terhadap pengurai dikenal dengan sebagai benthos. Benthos ini menggambarkan makhluk hidup yang telah dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga dapat digunakan kembali untuk suplemen makanan sebagai fitoplankton.

Ini termasuk dalam pengurai, yakni pada cacing laut, bacteroplankton, belut laut dan bintang laut. Setelah mengetahui sifat dan komponen rantai makanan laut, kita dapat menentukan bagaimana rantai makanan bekerja di ekosistem.

Rantai makanan yakni tidak hanya terdiri atas tanaman, hewan atau orang-orang yang merupakan produsen konsumen, tetapi juga mikrobakteri yang dengan cara tidak langsung terlibat dengan konsumen dan produsen ini.

Seringkali mikrobakteri ini berada di antara produsen dan konsumen yang tertinggi dalam sebuah rantai makanan. Dalam sebuah ekosistem, peran rantai makanan sebagai dalam ukuran terhadap keseimbangan ekosistem yang begitu sangat penting.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Rantai Makanan Ekosistem Laut. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua.