Perbedaan Workbook dan Worksheet dalam Istilah Excel

Posted on

Perbedaan Workbook dan Worksheet dalam Istilah Excel – Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk berbagai macam fungsi dan tugas. Salah satunya yaitu untuk pembukuan baik pembukuan untuk jumlah yang besar atau pun kecil. Tentunya masih banyak lagi manfaat dari Microsoft Excel. Tidak jarang orang menulis Microsoft Excel dengan Ms. Excel.

Sama halnya dengan Microsoft Word, Microsoft Excel juga mudah digunakan. Lembar yang digunakan untuk mengetik pada microsoft excel yaitu sheet. Selain itu juga terdapat istilah Workbook dan juga Worksheet. Tahukah kamu apa perbedaan dari workbook dengan worksheet?

Pada kesempatan kali ini terraveu.com akan membahas perihal Perbedaan Worbook dan Worksheet dalam Istilah Excel. Untuk itu yuk kita simak bersama sama materi yang akan dijabarkan dengan jelas dan lengkap berikut ini.

Sebelum kita ke Perbedaan Worbook dan Worksheet dalam Istilah Excel akan dibahas terlebih dahulu pengertian dari keduanya.

Pengertian Microsoft Excel

Perbedaan Workbook dan Worksheet

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel merupakan salah satu aplikasi yang berada di bawah naungan Microsoft Office. Aplikasi ini merupakan program digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada Microsoft Excel kita dapat membuat berbagai jenis pekerjaan, seperti membuat tabel, laporan keuangan, grafik, dan lain sebagainya. Selain itu juga, pada aplikasi ini terdapat berbagai formula yang memudahkan pekerjaan kamu dalam mengolah suatu data.

Selain itu, fungsi dari Microsoft excel itu sendiri membantu kita dalam pembuatan tabel. Memang benar kamu bisa menggunakan Microsoft Word dalam sebuah pekerjaan karena pada microsoft word pun terdapat berbagai fungsi yang sama dengan microsoft excel. Akan tetapi akan lebih efisien jika menggunakan microsoft excel apalagi jika data tersebut termasuk dalam jumlah data yang besar.

Aplikasi ini dapat dioperasikan pada Microsoft Windows, Mac OS, iOS, dan perangkat Android.

Apakah yang dimaksud dengan Workbook?

Workbook merupakan kumpulan satu atau lebih worksheet yang ada pada perangkat microsoft excel yang tersimpan dalam satu file. Jadi kita bisa membuka worksheet lebih dari satu, seperti Sheet 1, Sheet 2, Sheet 3, dan selanjutnya. Jadi, kamu dapat membuat berbagai lembar pekerjaan dalam satu workbook. Berikut ini merupakan contoh dari halaman worksheet.

Workbook
Workbook

Kamu tidak akan kesulitan dalam mengerjakan tugas kamu dengan membuka tutup workbook. Kenapa demikian? Karena pada workbook terdiri lebih dari satu worksheet. Jika pada Ms. Word kamu harus membuka berbagai lembar word untuk menulis berbagai lembar kerja, sedangkan pada Ms. Excel kamu hanya perlu membuka satu workbook saja.

Baca Juga :  Asal Usul Sungai Kapuas

Arti dari Worksheet

Worksheet merupakan kumpulan sheet atau lembar kerja pada microsoft excel. Worksheet digunakan untuk menulis dan terdiri dari sel-sel baris dan kolom. Baris atau Rows dimulai dengan baris nomer satu, sedangkan kolom atau Columns dimulai dengan kolom A. Pada setiap sel kita dapat menulis berupa teks, angka, atau pun formula. Berikut ini merupakan tampilan dari worksheet.

Worksheet

Pada pengaturan default worksheet akan muncul dengan nama Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan seterusnya. Tetapi kamu juga dapat mengganti nama sheet tersebut. Kamu juga dapat menghapus atau menambah lembar kerja tersebut. Nah, Sheet1 merupakan woeksheet. Sheet2 dan seterusnya juga disebut dengan worksheet.

Perbedaan Workbook dan Worksheet

Setelah mengetahui pengertian dari workbook dan worksheet kamu akan lebih mudah menemukan perbedaan dari keduanya. Berikut ini merupakan perbedaan dari workbook dan woksheet, di antaranya yatitu:

  1. Workbook terdiri dari berbagai lembar worksheet dalam satu program excel. Sedangkan worksheet merupakan lembar kerjanya.
  2. Workbook digunakan untuk memasukkan data, sedangkan worksheet digunakan untuk memproses data.
  3. Ketika membuat worksheet lebih dari satu, kamu hanya perlu membuka sebuah workbook saja. Berbeda halnya dengan workbook.

Untuk lebih mudah mengingat!

Workbook dan worksheet merupakan satu kesatuan seperti halnya dengan buku. Workbook merupakan sebuah buku yang terdiri dari berbagai halaman. Halaman di sini dimaksudkan dengan worksheet.

Bagaimana kamu sudah lebih mengerti perbedaan dari workbook dan worksheet bukan? Akan lebih mudah dipahami jika kamu mencobanya langsung dengan membuka aplikasi Ms. Excelnya.

Baca Juga:

Baca Juga :  Contoh Surat Kuasa

Baiklah. Demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan Worbook dan Worksheet dalam Istilah Excel yang telah dijelaskan dengan lengkap dan jelas. Semoga artikel dapat membantu Anda lebih memahaminya. Terima kasih.