Pengertian Liabilitas

Posted on

Pengertian Liabilitas – Merupakan hutang yang harus dibayar kembali atau layanan yang harus disediakan untuk pihak lain di masa depan. Liabilitas merupakan kebalikan dari sebuah aset yang termasuk dalam properti.

Kewajiban untuk membayar kepada pihak lain dengan berdasarkan transaksi atau tindakan sebelumnya. Kewajiban dibagi menjadi tiga kelompok dengan berdasarkan pada periode pembayaran.

Dalam pembahasan kali ini, yakni kami akan menjelaskan mengenai Pengertian Liabilitas, untuk ulasan selengkapnya, yuk… Mari kita simak penjelasan secara lengkap.

Apa itu Liabilitas ?

Pengertian Liabilitas merupakan adanya sebuah hutang yang harus dilunasi atau manfaat yang harus dibayarkan kepada pihak ketiga di masa depan.

Liabilitas ialah kebalikan dari aset yang merupakan properti. Contoh kewajiban termasuk uang yang dipinjam dari pihak lain, setoran atau cek yang belum dibayar, dan pajak penjualan yang tidak dibayarkan kepada negara.

Pengertian Liabilitas

Liabilitas jangka diambil dari liabilitas Inggris untuk menggantikan liabilitas jangka sebelumnya. Kata kewajiban sekarang digunakan untuk merujuk pada kewajiban istilah bahasa Inggris. Kewajiban termasuk dalam neraca dengan kredit normal dan biasanya dibagi menjadi dua kelompok.

Liabilitas jangka pendek, liabilitas yang diharapkan akan dibayar jangka pendek. Biasanya terdiri dari kewajiban pembayaran, Pendapatan ditangguhkan, bagian dari kewajiban jangka panjang yang jatuh tempo pada tahun berjalan, obligasi jangka pendek misalnya dari pembelian peralatan dan lain sebagainya.

Memenuhi komitmen saat ini, selain dalam pembebasan dari kreditor, biasanya akan melibatkan pada di sebuah perusahaan yang akan mengorbankan adanya sumber daya yang akan bermanfaat di masa depan untuk memenuhi kebutuhan pihak lain. Pemenuhan kewajiban yang ada dapat dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya ialah:

  • Pengajuan aset lainnya.
  • penyediaan terhadap layanan.
  • Mengubah kewajiban menjadi sebuah ekuitas.
  • Ganti komitmen ini dengan sebuah komitmen lain.
  • Pembayaran secara tunai.
Baca Juga :  Pengertian Sosial Menurut Para Ahli

Kelompok Berdasarkan Periode Pembayaran

Kewajiban dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan periode pembayaran, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Liabilitas Lancar

Liabilitas jangka pendek atau liabilitas jangka pendek ialah liabilitas yang dibayarkan dalam satu tahun atau siklus normal dalam sebuah operasi perusahaan, termasuk yang berikut ini:

a. Pendapatan Diterima di Muka

Penghasilan yang diterima di muka merupakan adanya sebuah penghasilan yang belum berhak atas pembayaran. Contoh: Bunganya dibayar di muka dan sewa dibayar di muka.

b. Utang Wesel

Utang Wesel merupakan adanya sebuah komitmen dengan cara tertulis dalam membayar jumlah tertentu kepada pihak lain pada waktu tertentu.

c. Utang Usaha

Utang Usaha merupakan adanya liabilitas yang harus dilunasi secara kredit karena dalam pembelian sebuah jasa atau barang.

d. Utang Beban

Utang Beban merupakan adanya sebuah kewajiban pembayaran karena perusahaan telah menerima manfaat, misalnya seperti utang bunga (interest payable), utang sewa (rent payable), dan utang gaji (salaries payable).

2. Liabilitas Jangka Panjang

Kewajiban jangka panjang atau kewajiban bisnis jangka panjang adalah kewajiban yang harus dibayar lebih dari satu tahun atau dalam siklus bisnis normal perusahaan, diantaranya ialah:

a. Kredit Investasi

Kredit investasi merupakan adanya sebuah pinjaman sementara dari bank atau di sebuah lembaga keuangan lain yang dapat digunakan sebagai ekspansi terhadap perusahaan.

b. Utang Saham atau Obligasi

Utang obligasi merupakan adanya sebuah pinjaman dalam jangka panjang yang timbul karena dalam perusahaan yang dapat menerbitkan atau menjual suatu obligasi.

c. Utang Hipotek

Utang hipotek merupakan adanya sebuah pinjaman dalam jangka panjang secara jaminan aset tetap.

3. Liabilitas Lain-Lain

Liabilitas lainnya termasuk semua suatu liabilitas yang tidak diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek, seperti uang yang diterima dari seorang pelanggan.

Baca Juga :  Pengertian Belajar

Dalam liabilitas, merupakan hutang yang harus dibayar kembali atau layanan yang harus disediakan untuk pihak lain di masa depan. Termasuk dalam kebalikan dari sebuah aset yang termasuk dalam properti.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas Pengertian Liabilitas. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.