Pengertian Kontaminasi

Posted on

Pengertian Kontaminasi – Dengan sebuah istilah Indonesia, kontaminasi yakni merupakan kombinasi dari berbagai bentuk kata, frasa, pengaturan, dan aturan bahasa dengan bahasa lain untuk membentuk kata-kata baru yang tidak biasa.

Contoh kata yang terkontaminasi ialah kata yang menunjukkan kata cuci. Bentuk standar dari kata ini adalah untuk mencuci, bukan untuk mencuci. Berbagai jenis kontaminasi adalah kontaminasi makanan, kontaminasi silang, kontaminasi bahasa, dan kontaminasi lingkungan.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kontaminasi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kontaminasi ?

Pengertian Kontaminasi merupakan keadaan pencampuran atau polusi yang disebabkan oleh elemen lain yang memiliki efek tertentu dan biasanya memiliki efek buruk.

Komponen yang menyebabkan kontaminasi sangat berbeda, yaitu bukan makhluk hidup. Kotoran berasal dari bahan non-linear seperti senyawa dan polutan kimia. Sedangkan kotoran berasal dari makhluk hidup seperti mikroba.

Pengertian-Kontaminasi

Umumnya, kontaminasi biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang buruk atau negatif. Penggunaan kata “kontaminasi” sering digunakan sebagai beberapa tujuan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Makanan (kontaminasi terhadap makanan)
  • Lingkungan (kontaminasi terhadap lingkungan)
  • Bahan makanan (kontaminasi dalam silang)
  • Bahasa (kontaminasi kalimat dan kontaminasi kata)

Jenis dan Contoh Kontaminasi

Adapun berbagai jenis dan contoh kontaminasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Kontaminasi Makanan

Pengertian kontaminasi makanan ialah terjadinya dalam campuran zat dengan zat, makhluk hidup, senyawa yang berbahaya lainnya. Makanan yang terkontaminasi dengan polutan bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca Juga :  Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Contoh kontaminasi makanan adalah sup sayuran yang terkontaminasi kuman karena kotor, makanan pinggir jalan goreng terkontaminasi debu, roti terkontaminasi jamur, daging dikontrak boraks, dan sebagainya.

b. Kontaminasi Silang

Yang dimaksud dengan kontaminasi silang adalah terjadinya perpindahan bakteri dari makanan mentah ke produk makanan jadi, langsung dan tidak langsung. Secara umum, kontaminasi silang terjadi karena proses penyimpanan makanan dan proses pembersihan makanan.

Contoh kontaminasi silang adalah ketika pisau kotor dan terkontaminasi zat berbahaya untuk memotong apel menjadi potongan-potongan. Contoh lain ialah penyimpanan polutan plastik untuk penyimpanan daging dan sebagainya.

c. Kontaminasi Lingkungan

Definisi polusi adalah pengenalan komponen (bahan, bahan) ke lingkungan yang mengarah pada kualitas lingkungan yang buruk. Polusi dapat terjadi melalui aktivitas manusia atau aktivitas alami.

Contoh pencemaran lingkungan dari aktivitas manusia adalah limbah pabrik yang memasukkan sungai ke dalam air sungai dan beracun bagi makhluk hidup. Contoh pencemaran dari aktivitas alami, yakni gas, letusan gunung berapi, alam beracun).

d. Kontaminasi Bahasa

Dalam istilah Indonesia, kontaminasi adalah kombinasi dari berbagai bentuk kata, susunan, frasa, dan aturan dalam bahasa lain, sehingga kata-kata baru terbentuk yang tidak biasa.

Contoh kata yang terkontaminasi adalah kata pembersih yang mengacu pada binatu. Bentuk standar dari kata ini adalah untuk mencuci, bukan untuk mencuci.

Penyebab Kontaminasi

Adapun berbagai dalam penyebab dalam kontaminasi, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kontaminasi Biologis, ialah beberapa penyebab dalam suatu mikrobiologis atau kontaminasi biologis adalah parasit (cacing dan protozoa), virus dan bakteri patogen yang dapat menyebabkan keracunan dan infeksi pada manusia.
  • Kontaminasi Fisik, ialah adanya suatu polusi fisik seperti batu, debu, rambut, logam, kayu, paku atau peralatan memasak yang digunakan. Kontaminasi fisik tidak selalu menyebabkan penyakit, tetapi masih berbahaya dan mempengaruhi kesehatan manusia.
  • Kontaminasi Kimia, adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia. Beberapa bahan kimia yang menyebabkan keracunan termasuk residu pestisida, antibiotik, dan kontaminasi bahan kimia industri.
Baca Juga :  Budaya Organisasi

Upaya Pencegahan Kontaminasi Fisik

Beberapa langkah yang dapat diambil sebagai menghindari atau mencegah kontaminasi makanan meliputi:

a. Kontaminasi Lingkungan

Selain kebersihan pribadi, kebersihan di tempat kerja dan di lingkungan, fasilitas lingkungan kerja juga penting. Ada cukup air bersih, dan cukup sinar matahari.

Perhatian khusus harus diberikan pada pengolahan dan penyimpanan makanan jika fasilitas pengolahan makanan bersih. Selain perangkat dan peralatan, mereka juga harus dibersihkan untuk menghindari bakteri.

b. Kontaminasi Perseorangan

Orang yang memasak, menanam, atau menyajikan makanan perlu mencari tahu dan memahami bahwa kebersihan adalah kesehatan dasar. Pasien dengan skabies (ulserasi), radang saluran pernapasan atau gangguan pencernaan adalah penyebab penyakit yang ditularkan melalui makanan, terutama dengan makanan yang dimasak.

c. Pada Tahap Penyimpanan Bahan Makanan

Penyimpanan harus di atas piring khusus yang bersih dan kompatibel dengan kondisi. Barang-barang dapat diatur dengan baik sehingga serangga atau tikus tidak memiliki kesempatan untuk bersarang.

Oleh karena itu, terhadap tikus atau lalat dan produk yang mudah rusak atau rusak dapat disimpan pada suhu. Dan setiap makanan ditempatkan secara terpisah berdasarkan jenis.

d. Pada Tahap Pemilihan Bahan Makanan

Bahan baku yang digunakan dalam bahan baku harus diangkut dan disimpan secara terpisah dari bahan baku dan bahan non-makanan lainnya. Cara mengurangi adanya kontaminasi dari benda asing.

e. Pada Tahap Pengolahan Makanan

Dalam pengolahan makanan, bahan baku diubah menjadi makanan siap saji. Pemrosesan makanan yang baik adalah salah satu prinsip kebersihan dan kebersihan saat mencuci, menangani memasak, makanan, bahan tambahan makanan dan peralatan memasak.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kontaminasi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.