Pengertian Kebutuhan Tersier

Posted on

Pengertian Kebutuhan Tersier – Selain kebutuhan primer dan sekunder, masih ada kebutuhan lain yang masuk dalam daftar kebutuhan manusia yaitu kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier ini tidak sama dengan kebutuhan primer dan sekunder. Lalu apa saja kebutuhan tersier? Dan apa contoh kebutuhan Tersier? Berikut penjelasan kebutuhan tersier.

Pengertian Kebutuhan Tersier

pengertian kebutuhan tersier

Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan yang digunakan untuk meningkatkan harga diri / prestise seseorang, sehingga kebutuhan tersier disebut juga dengan kebutuhan mewah. Kebutuhan tersier disebut juga dengan kebutuhan tertinggi.

Kebutuhan tersier bergengsi karena kebutuhan tersebut muncul ketika kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Jadi jika seseorang telah memenuhi kebutuhan tersiernya, derajat dan martabatnya akan terangkat. Biasanya kebutuhan tersier hanya bisa dipenuhi oleh sebagian orang yang mempunyai ekonomi tinggi atau bisa disebut orang kaya.

Kebutuhan tersier tidak mempengaruhi kelangsungan hidup manusia karena kebutuhan tersebut hanyalah kesenangan dan hiburan. Jika kebutuhan kemewahan ini tidak terpenuhi, maka manusia tidak akan mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupannya.

Faktor Kebutuhan Tersier

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersier meliputi:

  • Tingkatkan pendapatan.
  • Tingkat pendidikan.
  • Status sosial.
  • Asosiasi.
  • Lingkungan hidup / rumah tinggal.

Contoh Kebutuhan Tersier

Setelah pada bagian sebelumnya kita sudah membahas pengertian kebutuhan tersier, sekarang kita akan membahas beberapa contoh kebutuhan tersier karena kebutuhannya sangat banyak. nah, berikut ini contoh kebutuhan tersier, simak uraiannya di bawah ini.

1. Kendaraan Mewah

Kebutuhan transportasi seperti mobil dan sepeda motor memang menjadi kebutuhan sekunder yang perlu dipenuhi. Namun lain halnya jika yang Kalian beli adalah mobil mewah, motor gede, atau jet pribadi. Semua alat transportasi mewah ini adalah contoh kebutuhan tersier yang tidak terlalu berpengaruh pada kelangsungan hidup.

Baca Juga :  Pengertian Reksadana

2. Rumah mewah

Rumah juga menjadi contoh kebutuhan primer yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup dan kelayakan seseorang. Meski begitu, rumah juga akan dikatakan sebagai contoh kebutuhan tersier jika berupa bangunan mewah seperti apartemen, villa, atau bangunan lainnya.

Selain mampu memberikan kenyamanan, rumah yang mewah juga dapat memberikan kesan bangga pada pemiliknya.

3. Pakaian Bermerek

Busana atau sandang memang menjadi kebutuhan primer. Dengannya kita terlindungi dari terik matahari dan udara dingin. Meski begitu, baju branded atau baju branded mahal merupakan contoh kebutuhan tersier karena mempunyai fungsi selain pakaian sebagai sarana peningkatan kelas sosial seseorang.

4. Investasi

Dan contoh dari kebutuhan tersirat terakhir adalah investasi. Tahukah Kalian apa yang dimaksud dengan investasi? Investasi merupakan suatu cara seseorang untuk menyimpan kelebihan asetnya pada suatu barang dimana barang tersebut dapat menghasilkan keuntungan suatu saat nanti.

Contoh berinvestasi adalah membeli tanah, emas, apartemen, deposito, menabung, mengikuti forex trading, dan lain sebagainya. Jika masih belum jelas, tanyakan pada guru Kalian apa itu investasi.

5. Perhiasan

Perhiasan seperti kalung emas, gelang emas, cincin permata, kalung mutiara, dan lain sebagainya merupakan contoh kebutuhan tersier.

Kebutuhan ini tidak mempengaruhi kelangsungan hidup seseorang, tetapi dapat memberikan kesan mewah sehingga orang yang memilikinya dapat memperoleh pengakuan kemampuan finansial dari orang-orang di sekitarnya.

6. Aksesoris

Kemewahan Seperti halnya perhiasan, aksesoris mewah yang terdapat pada rumah seperti lukisan, guci antik, vas bunga mahal, jam tangan mahal, dan koleksi sepeda motor besar juga merupakan contoh kebutuhan tersier.

Keberadaannya tidak terlalu penting, tetapi bagi orang yang sudah memiliki stabilitas keuangan, barang-barang ini sering dibeli.

7. Perjalanan Luar Negeri

Apakah ada di antara Kalian yang pernah bepergian ke luar negeri? Jika ada yang sudah terlaksana, berarti Kalian termasuk keluarga kelas ekonomi atas yang kebutuhan primer dan sekundernya sudah terpenuhi. Pariwisata luar negeri adalah kebutuhan tersier yang tidak mempengaruhi kelayakan seseorang untuk hidup.

Baca Juga :  Industri Kecil

Kesimpulan

Diatas adalah beberapa contoh kebutuhan tersier, contoh diatas tidak semua barang tergolong kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier sendiri dapat menjadi kebutuhan primer bagi orang tertentu.

Misalnya sebagai seseorang yang berprofesi sebagai penyedia jasa transportasi, seseorang membutuhkan dan harus mempunyai mobil untuk melakukan pekerjaannya.

Namun dalam kehidupan sehari-hari umumnya masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi tinggi, setelah terpenuhi kebutuhan primer dan sekundernya akan berusaha untuk membeli barang-barang mewah lainnya karena kebutuhan lain telah terpenuhi atau lengkap.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian kebutuhan tersier, faktor-faktor dan contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.