Pengertian Grafik

Posted on

Pengertian Grafik – Representasi data yang terkandung dalam sebuah tabel, yang telah ditampilkan dengan bentuk gambar. Secara umum, bagan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni grafik batang, grafik lingkaran, dan grafik garis.

Kerangka kerja yang dapat dikonversi menjadi objek tabel visualisasi. Tabel ini terdiri atas suatu angka-angka yang ditampilkan atau bisa juga ditampilkan dalam bentuk gambar, lingkaran, garis dan lain-lain.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Grafik. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Grafik ?

Pengertian Grafik merupakan adanya sebuah penyajian dalam suatu data yakni terhadap tabel yang ditampilkan dengan sebuah bentuk gambar.

Selain itu, grafik yakni bisa diartikan untuk adanya suatu kombinasi data dalam bentuk angka, simbol, kata, huruf, gambar, simbol, dan lukisan yang telah disajikan dalam suatu media untuk memberikan kepada penerima materi gambaran umum tentang data selama proses transmisi demonstran materi untuk memberikan sebuah informasi.

Pengertian-Grafik

Pemahaman lain dari grafik yang lain adalah bahwa diagram adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membentuk objek visualisasi dari tabel data. Data dalam sebuah tabel yakni adnaya sebuah data yang terdiri atas angka dan kita dapat menampilkannya dalam bentuk gambar, mereka bisa dalam bentuk bidang datar seperti kotak, segitiga, lingkaran, atau dalam bentuk ruang seperti tabung, balok, kerucut dan lain sebagainya.

Macam – Macam Grafik

Selain itu, adanya sebuah definisi grafis lain di mana grafik adalah gambar naik turunnya data yang ada dan digambar dengan gambar atau garis. Secara umum, bagan yakni bisa dibagi dengan menjadi tiga jenis diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Macam-macam Bangun Datar dan Bangun Ruang

1. Grafik Batang

Grafik batang merupakan adanya sebuah bagan atau grafik yang merepresentasikan terhadap sebuah data dengan menggunakan batang atau persegi panjang. Bar chart atau sering dikenal dengan histogram. Bar chart digunakan untuk menunjukkan tingkat nilai yang berbeda dari berbagai aspek data.

Grafik batang adalah sebuah grafik paling sederhana di antara jenis grafik lainnya. Karena diagram ini sangat mudah dipahami dan hanya menampilkan data dengan sebuah bentuk batang.

Panjang batang merupakan adanya sebuah gambar dalam persentase data, sedangkan pada lebar batang tersebut yakni tidak memengaruhi apa pun. Akan tetapi secara umum, data yang dapat di bandingkan dengan grafik ini tidak bisa banyak. Jumlah maksimum data yang bisa di bandingkan yakni delapan data saja.

2. Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran merupakan adnaya sebuah diagram atau grafik yang menggunakan sebuah lingkaran untuk merepresentasikan data. Diagram lingkaran adalah gambar naik turunnya pada sebuah data dengan bentuk lingkaran untuk mewakili persentase dari total nilai data.

Saat membuat grafik pai, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, pertama persentase masing-masing objek dalam total data dan kemudian ukuran sudut setiap kelompok data. Untuk menentukan dalam sebuah persentase grup data, bisa menggunakan jumlah grup data dibagi dengan jumlah total semua data pada 100%.

3. Grafik Garis

Grafik garis merupakan adanya sebuah grafik yang menampilkan data menggunakan garis atau kurva. Bagan garis sering digunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu objek yang akan diperiksa. Diagram ini terdiri atas 2 sumbu utama, yaitu sumbu X beserta sumbu Y.

Sumbu X biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu pengamatan. Sedangkan sumbu Y digunakan untuk menampilkan nilai pengamatan pada waktu tertentu. Waktu dan pengamatan dikumpulkan dengan poin pada bidang XY. Biasanya, angka-angka ini dalam bentuk skala yang berkisar dari 0 hingga jumlah hasil tertinggi dalam penelitian ini.

Baca Juga :  Penjelasan Rumus Pembulatan dalam Microsoft Excel

Fungsi Grafik

Fungsi grafik yakni sebagai mendukung penyajian data sehingga mudah bagi pembaca untuk mengerti. Sebagai aturan, data tidak hanya disajikan dalam bentuk diagram, tetapi juga dalam bentuk tabel, tetapi data dalam bentuk tabel dianggap kurang menarik.

Saat ini, hampir semua organisasi sektor pemerintah dan swasta menggunakan plot data untuk mempromosikan sosialisasi dan pelaporan tentang tanggung jawab organisasi atau perusahaan. Anda dapat melihat yakni dengan berbagai bentuk infografis yang hampir tidak memiliki tabel karena kurang menarik dan kurang informatif.

Tujuan Grafik

Grafik yakni dapat dibuat dalam sebuah tujuan yang dapat menyajikan perbandingan kualitatif informasi dengan cepat dan mudah. Data yang disediakan dalam bentuk deskriptif yang kompleks dan kompleks dapat disederhanakan menjadi bentuk grafis. Ini harus membuat memahami dan membaca lebih mudah.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Grafik. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.