Pengertian Entalpi

Posted on

Pengertian Entalpi – Dalam termodinamika yang mengekspresikan jumlah energi dalam sistem termodinamika. Entalpi terdiri dari energi dalam sistem, termasuk satu dari lima kemungkinan termodinamika dan fungsi negara, serta tekanan, dan volume (kuantitas volume).

Satuan entalpi SI adalah joule, tetapi satuan panas dan kalori Inggris juga digunakan. Dalam suatu proses dengan tekanan konstan, ΔH berhubungan dengan perubahan energi dalam sistem ditambah pekerjaan yang dilakukan oleh sistem di lingkungannya.

Dengan demikian, perubahan entalpi diserap atau perpindahan panas eksternal atau dilepaskan oleh reaksi kimia. Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Entalpi. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Entalpi ?

Pengertian Entalpi adalah jumlah panas yang terlibat dengan sebuah proses kimia, serta dalam sebuah reaksi kimia di mana panas dapat dilepaskan atau panas diperlukan.

Entalpi yakni telah dilambangkan dalam huruf H, tetapi umumnya entalpi ditampilkan dalam bentuk perubahan entalpi yang harus ditulis sebagai H. Entalpi juga dapat didefinisikan sebagai jumlah energi dalam volume dan tekanan.

Terjadinya dalam suatu perubahan kimia terhadap reaksi dapat berupa pembentukan ikatan kimia baru atau pemecahan ikatan kimia dalam senyawa. Acara-acara ini dapat menyerap atau melepaskan energi untuk perubahan itu.

Pengertian-Entalpi

Hal ini, lingkungan dan sistem termasuk dalam transfer energi. Dalam hal ini, sistem adalah objek yang bereaksi ketika ada sesuatu yang lain dalam sistem yang berinteraksi dengannya di sebuah lingkungan.

Baca Juga :  Sifat Kimia Alkohol

Ketika ikatan kimia terbentuk dalam suatu senyawa, perubahan entalpi negatif, yang berarti, jika ada, jumlah panas dilepaskan. Ketika ikatan rusak, perubahan entalpi adalah positif, menunjukkan bahwa proses tersebut membutuhkan sejumlah energi yang akan dijalankan.

Secara umum, nilai entalpi untuk membentuk atau menghancurkan jenis ikatan tertentu diketahui secara eksperimental sehingga dapat digunakan untuk memprediksi energi yang dihasilkan atau diperlukan dalam suatu reaksi. Entalpi ini disebut entalpi reaksi.

Sebelum kita belajar lebih banyak tentang entalpi, kita perlu memikirkan tentang perubahan eksoterm dan endoterm. Dalam kimia, eksotermik adalah perubahan yang terjadi ketika panas dan energi tertentu dihasilkan.

Secara umum, perubahan eksotermik ditulis dengan tanda negatif, yang menunjukkan jumlah energi yang dilepaskan. Endoterm adalah perubahan yang terjadi karena penyerapan sejumlah endoterm dan eksoterm. Endotermik ditulis dalam sebuah tanda positif sebagai mewakili jumlah energi yang dibutuhkan terhadap suatu proses.

Rumus Entalpi

H = E + PV

  • H = Entalpi
  • P = tekanan
  • E = Energi internal sistem
  • V = Volume

d H = T d S + P d V

Entalpi merupakan dalam sebuah massa, tergantung pada ukuran sistem atau jumlah bahan yang ada. Unit entalpi SI adalah joule (J). Ini adalah energi yang terkandung dalam sistem, tidak merupakan energi kinetik dari seluruh pergerakan sistem dan energi potensial dari seluruh sistem karena medan gaya eksternal. Hal ini merupakan kuantitas termodinamika yang sesuai dalam jumlah panas dalam sebuah sistem.

Contoh-Entalpi

Entalpi yakni bisa dihasilkan oleh variabel intensif atau dengan spesifisitas dibagi dengan massa. Insinyur menggunakan entalpi khusus dalam analisis termodinamik daripada entalpi mereka sendiri. Entalpi inti (h) ialah entalpi setiap unit massa. Setara dengan total entalpi (H) dibagi terhadap suatu massa total (m).

h = H / m

Keterangan:

  • h = entalpi spesifik (J / kg)
  • m = massa (kg)
  • H = entalpi (J)
Baca Juga :  Pengertian Nitrit

Bahwa entalpi termasuk dalam kuantitas termodinamika yang sesuai dengan total panas suatu sistem. Entalpi spesifik mirip dengan sistem energi internal khusus dengan produk volume dan tekanan khusus.

h = u + pv

Pada umumnya, entalpi adalah salah satu zat seperti tekanan, suhu dan volume, namun tidak bisa diukur dengan cara langsung. Biasanya, substansi zat akan diberikan dengan sehubungan dalam nilai referensi.

Jenis-Jenis Entalpi

Adapun berbagai jenis-jenis dalam entalpi ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Entalpi Pembentukan (Hf)

Pembentukan entalpi adalah panas dalam pembentukan molekul tertentu dari reaktan. Secara umum, reaksi kimia mengarah pada pembentukan produk senyawa baru, yang mengarah pada pe rubahan unit pendidikan. Entalpi jenis ini dilengkapi dengan huruf f, yang dibentuk.

2. Entalpi Reaksi (Hr)

Entalpi reaksi adalah jenis entalpi yang paling umum dan paling sering digunakan, karena entalpi ini adalah panas yang dapat mengalami perubahan kimia. Reaksi yang disebutkan dalam entalpi ini adalah reaksi umum, hingga tidak spesifik dalam sebuah jenis reaksi.

3. Entalpi Pembakaran (Hc)

Entalpi yang terbakar adalah panas dari reaksi kimia di mana 1 mol senyawa tertentu bereaksi atau terbakar dengan oksigen. Reaksi pembakaran yakni telah disebut sebagai oksidasi karena dalam suatu senyawa bereaksi dengan oksigen untuk membentuk air dan karbon dioksida ketika senyawa tersebut adalah hidrokarbon.

4. Entalpi Pengurahian (Hd)

Entalpi pengurahian yakni panas yang memecah senyawa menjadi dua atau lebih zat, atau proses merusak senyawa kimia. Acara ini kontras dengan reaksi pendidikan.

5. Entalpi Penetralan (Hn)

Entalpi penetralan adalah adanya suatu perubahan panas yang terjadi pada reaksi netralisasi satu mol senyawa asam tertentu dengan senyawa basa yang sama. Seperti yang Anda ketahui, reaksi antara asam dan basa Anda mengarah ke netralisasi, di mana dalam asam dan basa menetralkan satu sama lain untuk mendapatkan solusi netral.

Baca Juga :  Massa Jenis

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Entalpi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.