Passing Grade UNIB 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan

Posted on

Passing Grade UNIB 2020/2021 : Fakultas dan Jurusan – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Provinsi Bengkulu yaitu Universitas Bengkulu. Siswa siswi lulusan sekolah menengah atas, kejuruan, atau pun yang sederajat dapat melanjutkan pendidikan lanjut di Universitas Bengkulu, khususnya masyarakat Bengkulu.

Fakultas dan jurusan yang tersedia di Universitas Bengkulu pun banyak macamnya. Selain itu, fasilitas yang ada juga memadai. Memilih jurusan yang tepat sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat juga menjadi salah satu cara memilihnya. Ingat jangan menyesali apa yang telah diputuskan. Karena tidak ada yang namanya salah jurusan ya. Jika Anda berusaha maka Anda akan bisa melalui semua jalan yang telah Anda pilih tersebut.

Dengan mengetahui passing grade dari program studi yang Anda pilih, Anda dapat menentukan presentase dari kemungkinan diterima atau tidaknya Anda. Maka dari itu, artikel Terraveu.com berikut ini akan menjelaskan mengenai passing grade Universitas Bengkulu (UNIB) untuk tahun 2020/2021, simak yuk.

Passing Grade UNIB 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

UNIB akronim dari Universitas Bengkulu. Sesuai dengan namanya perguruan tinggi ini berada di Provinsi Bengkulu untuk lebih tepatnya lokasinya ada di Jalan W. R. Supratman, Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Provinsi Bengkulu, Indonesia, Kode Pos 38371.

Passing Grade UNIB 2020/2021

Berikut ini merupakan data perkiraan passing grade untuk Universitas Bengkulu (UNIB) tahun 2020/2021 antara lain yaitu:

A. Passing Grade SAINTEK UNIB

Program StudiPassing Grade
Agroekoteknologi21.8%
Agribisnis 20.3%
Teknologi Industri Pertanian20.6%
Kehutanan20.9%
Peternakan20.4%
Ilmu Kelautan20.0%
Pendidikan Biologi29.6%
Pendidikan Fisika23.7%
Pendidikan Kimia25.6%
Pendidikan Matematika29.5%
Biologi 23.3%
Fisika19.2%
Kimia 20.8%
Matematika 20.2%
Teknik Elektro30.6%
Teknik Informatika35.6%
Teknik Mesin29.6%
Teknik Sipil 30.8%
Pendidikan Dokter45.8%
Passing Grade SAINTEK UNIB

Baca Juga : Passing Grade Universitas Jambi (UNJA) 2020-2021 Fakultas dan Jurusan

Baca Juga :  Pengertian Brainware

B. Passing Grade SOSHUM UNIB

Program StudiPassing Grade
Akuntansi34,5%
Ekonomi Pembangunan29.6%
Manajemen31.2%
Ilmu Administrasi Negara 29.5%
Ilmu Hukum30.5%
Ilmu Kesejahteraan Sosial23.2%
Ilmu Komunikasi30.6%
Sosiologi21.5%
Bimbingan dan Konseling 28.5%
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia25.8%
Pendidikan Bahasa Inggris 27.8%
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)29.6%
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) 21.5%
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 22.5%
Pendidikan Luar Sekolah19.6%
Passing Grade SOSHUM UNIB

Sejarah UNIB

Universitas Bengkulu atau yang dikenal dengan UNIB, dahulu adalah universitas swasta yang bernama Universitas Semarak Bengkulu (UNSEB). Atas dukungan UNSEB, Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat I Bengkulu, masyarakat, dan juga tokoh adat terus mendukung hingga UNSEB menyerahkan beberapa mahasiswanya dan lahan kampus yang berada di Desa Beringin Raya Bengkulu.

Proses panjang yang dilalui UNIB tidaklah mudah dan instan. Dengan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Gubernur Soeparto dapat mengatasi tentang masalah belum layaknya Bengkulu mendirikan sebuah universitas. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya tenaga edukatif pada universitas tersebut. Oleh karena itu dengan kerja sama yang terjalin tersebut tenaga edukatif dikirimkan untuk membantu UNIB. Tenaga edukatif yang berasal dari UGM Yogyakarta tersebut akan membantu sebagai tenaga edukatif dan pejabat struktural. Tenaga edukatif yang dikirim untuk membantu UNIB antara lain yaitu Prof. Ir. Soenjoto Sumodihardjo, Dr. Ir. Soekotjo, Ir. Supratoyo, Drs. Sutarto, dan H. Hidjazi, S.H. Kerja sama ini merupakan saran atau pun petunjuk dari Presiden Soeharto.

Dengan bantuan tenaga edukatif akhirnya pada tanggal 24 April 1982 Universitas Bengkulu (UNIB) didirikan. Peresmian universitas tersebut dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Prof. Dr. Daud Yusuf.

Baca Juga :  Akreditasi UPI 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya

Fakultas UNIB

Pada Universitas Bengkulu (UNIB) terdapat delapan fakultas dan program pascasarjana. Adapun berikut ini fakultas yang dimiliki Universitas Bengkulu yaitu antara lain:
a. Faperta: Fakultas Pertanian
b. FEB: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
c. FH: Fakultas Hukum
d. FISIP: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
e. FK: Fakultas Kedokteran
f. FKIP: Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pengetahuan
g. FMIPA: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
h. FT: Fakultas Teknik
i. Program Pascasarjana

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk Universitas Bengkulu (UNIB) tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah berdirinya, fakultas, dan jurusan yang tersedia di perguruan tinggi tersebut. Semoga artikel UNBI tersebut dapat membantu Anda semua. Terima kasih.