Passing Grade UBB 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya

Posted on

Passing Grade UBB 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya – Di Pulau Sumatera terdapat salah satu provinsi yang menghasilkan timah. Salah satunya yaitu Provinsi Bangka Belitung. Sehingga masyarakat menginginkan masyarakatnya untuk dapat berpendidikan tinggi. Supaya dapat memajukan Bangka Belitung. Bagi masyarakat Bangka Belitung dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pada tahun 2020/2021 ini Anda dapat melihat passing grade supaya dapat diterima di Universitas Bangka Belitung (UBB). Pada artikel Terraveu.com akan dijelaskan mengenai passing grade untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah, alamat kampusnya, fakultas, dan jurusannya.

Passing Grade UBB 2020-2021 Fakultas dan Jurusannya

UBB merupakan kepanjangan dari Universitas Bangka Belitung. Sesuai namanya perguruan tinggi negeri ini berada di Provinsi Bangka Belitung, Indonesia. UBB termasuk dalam peringkat 50 Besar Universitas seluruh Indonesia pada bulan Januari 2011. Peringkat tersebut berdasarkan hasil dari versi 4 International Colleges and Universities (4ICU).

Sejarah UBB

Pendirian Universitas Bangka Belitung (UBB) dikarenakan hasil dari penyatuan beberapa sekolah yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12). Pada tanggal 12 April 2006 Universitas Bangka Belitung resmi didirikan.

Dengan adanya perguruan tinggi ini, masyarakat semakin antusias untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjut. Karena hal tersebut akhirnya Yayasan UBB merencanakan untuk membangun kampus terpadu UBB atas bantuan PT Timah Tbk. Dan juga Pemerintah Provinsi. Kemudian pada tahun 2009, UBB Polman Timah memutuskan untuk berpisah dengan UBB. UBB sendiri berubah menjadi politeknik negeri. Politeknik negeri tersebut diberi nama Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Baca Juga :  Contoh Kata Pengantar

Peristiwa penyerahan aset UBB dan Polman Timah kepada Pemerintah Pusat dilakukan pada tanggal 2 Maret 2009. Peristiwa tersebut dilaksanakan di desa Balunijuk Kecamatan Merawang yaitu di Yayasan Pendidikan Bangka Belitung.

Proses yang panjang yang telah dilalui UBB untuk menjadi perguruan tinggi negeri dilalui dengan terus melakukan pengembangan. Hingga akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi menandatangani prasasti pada tanggal 22 November 2010. Prasasti tersebut merupakan prasasti Penegerian Universitas Bangka Belitung (UBB). Peristiwa penandatanganan prasasti tersebut dilakukan di Auditorium Universitas Cendrawasih (Uncen), Padang Bulan, Jayapura, Papua. Pada saat yang bersamaan diresmikan juga Universitas Borneo Tarakan dan Universitas Masamus Merauke.

Passing Grade UBB 2020/2021

Adapun berikut ini merupakan data passing grade untuk program studi yang ada pada Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk tahun 2020/2021 yaitu antara lain sebagai berikut:

A. Passing Grade SAINTEK UBB

Berikut ini program studi sains dan teknologi untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) yaitu di antaranya:

Program StudiPassing Grade
Agribisnis22.8%
Agroteknologi 23.5%
Biologi 21.5%
Manajemen Sumberdaya Perairan23.6%
Teknik Elektro29.0%
Teknik Mesin28.5%
Teknik Sipil 26.3%
Teknik Tambang30.8%
Passing Grade SAINTEK UBB

Baca Juga :Passing Grade UNSRI (Universitas Sriwiijaya) 2020/2021

B. Passing Grade SOSHUM UBB

Sedangkan berikut ini merupakan program studi sosial dan humanis untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) yaitu antara lain:

Program StudiPassing Grade
Akuntansi30.6%
Ilmu Hukum28.8%
Manajemen30.6%
Sosiologi 21.6%
Passing Grade SOSHUM UBB

Fakultas dan Jurusan UBB

Universitas Bangka Belitung memiliki fakultas dan jurusan yang terdiri dari:

  1. Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi, terdiri dari:
    a. Jurusan Agribisnis
    b. Jurusan Agroteknologi
    c. Jurusan Biologi
    d. Jurusan Budidaya Perairan
    e. Jurusan Ilmu Kelautan
    f. Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan
Baca Juga :  Lompat Jauh

2. FE : Fakultas Ekonomi, terdiri dari:
a. Jurusan Akuntansi
b. Jurusan Ilmu Ekonomi
c. Jurusan Manajemen

3. FH : Fakultas Hukum, terdiri dari:
Jurusan Ilmu Hukum

4. FISIP :Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdiri dari:
a. Jurusan Ilmu Politik
b. Jurusan Ilmu Sosiologi
c. Jurusan Sastra Inggris

5. FT : Fakultas Teknik, terdiri dari:
a. Jurusan Fisika
b. Jurusan Kimia
c. Jurusan Teknik Elektro
d. Jurusan Teknik Mesin
e. Jurusan Teknik Sipil
f. Jurusan Teknik Pertambangan

Alamat Kampus UBB

Kampus Universitas Bangka Belitung (UBB) berlokasi di Kampus Terpadu Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia, Kode Pos 33172.

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai artikel passing grade untuk Universitas Bangka Belitung (UBB) tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan sejarah berdirinya, alamat kampusnya, fakultas, dan jurusan yang tersedia. Semoga artikel mengenai UBB ini dapat membantu Anda. Terima kasih.