Passing Grade ITK Institut Teknologi Kalimantan 2020/2021

Posted on

Passing Grade ITK (Institut Teknologi Kalimantan) 2020/2021 – Banyak sekali peminat yang ingin berkuliah di sebuah institut teknologi. Jurusan yang ada pun lebih menunjang. Di Indonesia sendiri memiliki empat institut teknologi seperti ITB (Institut Teknologi Bandung), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), ITERA (Institut Teknologi Sumatra), dan ITK (Institut Teknologi Kalimantan).

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) merupakan institut teknologi yang menjadi pilihan untuk Anda khususnya yang tinggal di Kalimantan. Institut teknologi ini merupakan perguruan tinggi negeri. Anda bisa memilih jurusan sesuai dengan keinginan Anda. Bagi para siswa siswi yang akan mendaftar di perguruan tinggi ini dapat mencari tahu terlebih dahulu. Apalagi hanya ada empat institut teknologi negeri yang ada di Indonesia dan semuanya berada di pulau yang berbeda – beda.

Cari tahu terlebih dahulu passing grade dari masing – masing jurusan yang ada dari berbagai institut teknologinya. Kemudian Anda bisa mengambil langkah ke depan. Oleh karena itu, artikel terraveu.com saat ini akan membahas mengenai passing grade dari masing – masing jurusan yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk tahun 2020/2021 secara lengkap. Ayo di simak.

Sejarah ITK

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Institut teknologi ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yaitu pada tanggal 6 Oktober 2014. Sesuai dengan namanya ITK berada pada provinsi Kalimantan Timur. Institut teknologi ini dibangun berdasarkan program penguatan SDM (Sumber Daya Manusia) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dari pemerintah Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan pembangunan ekonomi Indonesia.

Passing Grade ITK (Institut Teknologi Kalimantan) 2020-2021

Meski institut ini diresmikan pada tanggal 6 Oktober 2014, proses belajar dan mengajar telah dilakukan sejak dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2012. Peminat pada institut ini awalnya memang tidak sebesar universitas negeri lainnya, tetapi seiring berjalannya waktu perguruan tinggi ini terus berkembang dan memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada.

Perguruan tinggi ini berfokus kepada teknologi pendukung kebutuhan dunia industri. Hal tersebut yang menjadikan Kalimantan menjadi tempat yang cocok untuk membangun Institut Negeri yang dapat membantu industri – industri yang ada di Indonesia khususnya di daerah Kalimantan sendiri.

Saat ini, rektor ITK yang menjabat yaitu Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D.. Beliau menjabat pada periode 2018 hingga 2022.

Alamat Kampus ITK

Kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) berada di Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, 76127.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Pertambangan

Baca Juga: Passing Grade UNDIP (Universitas Diponegoro) 2020/2021

Jurusan pada ITK

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) ini mempunyai beberapa jurusan yang dapat Anda pilih yaitu sebagai berikut:
a. Fisika
b. Informatika
c. Matematika
d. Perencanaan Wilayah dan Kota
e. Sistem Informasi
f. Teknik Elektro
g. Teknik Industri
h. Teknik Kelautan
i. Teknik Kimia
j. Teknik Lingkungan
k. Teknik Material dan Metalurgi
l. Teknik Mesin
m. Teknik Perkapalan
n. Teknik Sipil

Perguruan tinggi negeri ini terdiri dari berbagai jurusan SAINTEK seperti yang telah disebutkan di atas. Bagi Anda yang menyukai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam lebih cocok dengan jurusan yang ada pada institut negeri.

Passing Grade ITK 2020/2021

Dalam memilih jurusan pada sebuah universitas atau pun institut kita juga harus memperhitungkan passing grade dari masing – masing jurusan yang ada. Oleh karena itu, berikut ini merupakan passing grade dari masing – masing jurusan yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk tahun 2020/2021 yaitu:

Program StudiPassing Grade
Fisika28,9%
Informatika18,8%
Matematika29,8%
Perencanaan Wilayah dan Kota40,9%
Sistem Informasi40,1%
Teknik Elektro 33,3%
Teknik Industri28,9%
Teknik Kelautan27,8%
Teknik Kimia29,0%
Teknik Lingkungan30,9%
Teknik Material dan Metalurgi31,9%
Teknik Mesin32,9%
Teknik Perkapalan28,2%
Teknik Sipil38,9%

Dengan adanya passing grade tersebut diharapkan dapat membantu Anda dalam melihat peluang yang ada. Peluang apakah Anda bisa atau tidak untuk masuk dan diterima di Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Baca Juga:

Baca Juga :  Aplikasi Otomatis Serba 100 Lembar Kwitansi Excel

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade untuk jurusan yang ada pada Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk tahun 2020/2021 secara lengkap meliputi sejarah, alamat kampus, dan jurusan apa saja yang ada pada institut negeri ini. Semoga artikel ini bermanfaat badi Anda dalam menentukan jurusan yang akan Anda ambil di ITK. Terima kasih.