Passing Grade ITERA 2020/2021 : Jurusan dan Sejarah

Posted on

Passing Grade ITERA 2020/2021 : Jurusan dan Program Studi – Perguruan tinggi negeri di Lampung memang tidak banyak, seperti Universitas Lampung (UNILA), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, dan Intsitut Teknologi Sumatera (ITERA). Ketiga perguruan tinggi tersebut memiliki peminatnya masing- masing, bahkan tidak hanya siswa siswi yang berasal dari Provinsi Lampung saja tetapi dari luar Provinsi Lampung pun banyak. Terutama untuk ITERA. Perguruan tinggi teknologi di Indonesia tidak banyak dan di Pulau Sumatera ada ITERA.

Meski ITERA merupakan perguruan tinggi yang masih termasuk baru peminat yang ingin berkuliah di sini cukup banyak. Bangunan gedungnya pun masih banyak yang masih proses pembangunan. Lingkungan kampus yang jauh dari perkotaan juga menjadi salah satu hal yang membuat proses perkuliahan semakin baik. Meski begitu, untuk mencapai kota Bandar Lampung tidak membutuhkan waktu yang lama. ITERA juga dilengkapi dengan fasilitas asrama. Hal ini memudahkan untuk yang berada jauh dari kampus ITERA dapat tinggal di asrama.

Masuk dan diterima di ITERA merupakan harapan yang besar bagi para peminatnya. Untuk itu, dengan melihat passing grade yang disediakan pada terraveu.com ini akan membantu Anda. Dengan begitu Anda bisa memprediksi peluang Anda diterima tidaknya perguruan tinggi negeri tersebut. Jangan lupa untuk belajar dan berdoa juga. Berikut ini akan dijelaskan mengenai passing grade untuk ITERA tahun 2020/2021 yang dilengkapi dengan fakultas dan jurusan yang ada serta sejarah berdirinya perguruan tinggi ini.

Passing Grade ITERA 2020-2021 Jurusan dan Sejarah

ITERA merupakan akronim dari Institut Teknologi Sumatera. Institut ini merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Passing Grade ITERA 2020/2021

Program StudiPassing Grade
Fisika30,27%
Perencanaan Wilayah dan Kota38,98%
Teknik Elektro 41,98%
Teknik Geofisika34,78%
Teknik  Geomatika36,76%
Teknik Informatika43,67%
Teknik Sipil38,87%
Baca Juga :Passing Grade ITK (Institut Teknologi Kalimantan) 2020/2021 - Jurusan

Sejarah ITERA

Indonesia memiliki dua Institut Teknologi terbaik yaitu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kedua institut tersebut berada di Pulau Jawa. Siswa siswi di Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap teknologi. Hal ini menyebabkan daya tampung pada kedua perguruan tinggi tersebut melebihi kapasitasnya (over load). Salah satu dampak dari over load tersebut tentunya berimbas terhadap mahasiswa itu sendiri.

Sehingga pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) memutuskan untuk menambahkan jumlah institut teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu tujuan dibangunnya institut teknologi tersebut untuk meningkatkan dan memeratakan kualitas sumber daya manusia pada tingkat nasional serta kebutuhan akan lulusan dari institut teknologi dapat semakin meningkat.

Dari situlah maka dicetuskan untuk mendirikan Institut Teknologi yang berada di Kalimantan dan Sumatera. Institut Teknologi Bandung (ITB) akan membina Institut Teknologi yang berada di Sumatera dan Kalimantan selama sepuluh tahun. Hal ini dilakukan supaya kedua perguruan tinggi tersebut memiliki kualitas minimal setara dengan ITB sendiri.

Pembangunan institut teknologi tersebut juga berkaitan dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonom Indonesia (MP3EI) untuk mendukung perkembangan pembangunan dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional serta ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Selanjutnya pada tahun 2011 dilakukan penyusunan proposal untuk mendirikan institut teknologi di Sumatera yang berlokasi di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Proses yang panjang yang telah dilalui membuahkan hasil. Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, meresmikan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Bandar Lampung dan juga Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan pada tanggal 6 Oktober 2014.

Baca Juga :  Passing Grade UBB 2020/2021 : Fakultas dan Jurusannya

Jurusan ITERA

Pulau Sumatera dipilih karena pulau ini memiliki sumber daya energi yang melimpah dan tersebar, seperti sumber batu bara, minyak bumi, gas bumi, dan panas bumi. Hal inilah yang menjadi dasar dibentuknya Institut Teknologi Sumatera atau yang dikenal dengan ITERA. Tujuannya yaitu untuk menjadikan Pulau Sumatera sebagai Lumbung Energi di bidang ketenagalistrikan dan penyediaan energi bahan bakar serta industri.

Jurusan yang terdapat di ITERA di antaranya yaitu:
a. Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
b. Jurusan Sains
c. Jurusan Teknologi Produksi dan Industri

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai passing grade ITERA tahun 2020/2021 yang telah dijelaskan secara lengkap dengan jurusan dan sejarah berdirinya. Semoga artikel ITERA ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.