Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika

Posted on

GuruAkuntansi.co.id – Salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah jurusan manajemen informatika,  selain karena mempelajari masalah teknologi informasi, Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika  sangat menjanjikan dan juga banyak dicari oleh perusahaan.

Apa itu Manajemen Informatika ?

Manajemen Informatika mempelajari orang, proses, dan teknologi dari perspektif Perusahaan. Bidang ini berfokus pada jenis perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan organisasi untuk melacak dan mengumpulkan data untuk analisis. 

Manajemen Informatika membantu para pemimpin bisnis menganalisis proses, keuangan, dan pelanggan mereka untuk membuat keputusan bisnis strategis.

Jurusan  manajemen Informatika dipersiapkan untuk memecahkan masalah di persimpangan bisnis dan teknologi. 

Mereka mencari cara untuk menggunakan berbagai proses berbasis teknologi untuk membantu bisnis dan organisasi beroperasi lebih efektif dan melayani pelanggan, staf, dan keuntungan mereka dengan lebih baik. 

Untuk membuat dan memelihara solusi inovatif, siswa sistem dan layanan informasi manajemen mengandalkan keterampilan pemecahan masalah, manajemen waktu dan analitis yang kuat. Jurusan sistem informasi dan layanan manajemen lebih fokus pada pengaturan hubungan antara informasi, orang dan operasi bisnis.

Jurusan  manajemen Informatika mempelajari materi yang mengeksplorasi bagaimana informasi dapat disimpan, dianalisis, dan dibagikan. 

Misalnya, beberapa mata kuliah wajib mungkin mencakup analisis data, arsitektur TI perusahaan, dan masalah sosial dan etika seputar teknologi.  Siswa juga mengambil kuliah dalam topik terkait bisnis seperti statistik bisnis, akuntansi dan komunikasi bisnis.

Jurusan Manajemen Informatika memeriksa bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mengakses, menyimpan, dan berbagi informasi untuk membantu hidup kita berjalan lebih lancar. 

Baca Juga :  Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Elektro

Misalnya, siswa dapat mempelajari cara membuat database rumah sakit untuk membantu dokter dan staf melacak informasi demografi, resep, dan pemulangan pasien.

 Setelah mereka menyelesaikan mata kuliah wajib jurusan, mungkin mengambil pilihan yang mengeksplorasi berbagai aspek manajemen informasi. 

Seperti Sistem Informasi Perawatan Kesehatan, Rantai Pasokan dan Logistik, dan Intelijen Bisnis: Analisis Web dan Media Sosial.

Beberapa siswa mungkin juga mengambil kelas di bidang program lain, seperti teknik, matematika, dan ilmu komputer, untuk membantu menyempurnakan keterampilan mereka.

Mengapa Memilih Jurusan Manajemen Informatika ?

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika

Bisnis mengandalkan teknologi untuk mengumpulkan data dan melacak proses, karyawan, dan pelanggan.  Dengan demikian, sangat penting bahwa bisnis ini mempekerjakan profesional berpengalaman untuk mengelola komputer dan sistem jaringan.

Departemen Tenaga Kerja memproyeksikan bahwa pekerjaan untuk komputer dan manajer sistem informasi akan terus meningkat. Dengan demikian, mengejar gelar dalam manajemen informatika mungkin merupakan investasi jangka panjang yang baik.

 Para profesional yang sukses di bidang ini membutuhkan kreativitas dan pemrograman yang kuat, pengambilan keputusan, manajemen proyek, dan keterampilan berpikir kritis.

Kurikulum gelar sarjana di kampus atau online dalam sistem informasi manajemen memberikan gambaran komprehensif tentang topik-topik penting dan mengembangkan keterampilan ini melalui mata kuliah inti.  Siswa juga belajar bagaimana menggunakan teknik dan model saat ini untuk mengembangkan solusi untuk berbagai skenario.

 Gelar sarjana manajemen informatika adalah kualifikasi yang diperlukan untuk sebagian besar pekerjaan di lapangan. 

Apa yang di Pelajari Dalam Jurusan Manajemen Informatika ?

Jurusan  manajemen Informatika memberikan pengenalan tentang keamanan jaringan, manajemen sistem, analitik, dan manajemen proyek.  Kurikulum membantu pelajar mengembangkan keterampilan pemrograman, analitis, dan komunikasi yang kuat.

Program gelar sarjana, seperti Bachelor of Science dalam Jurusan  manajemen Informatika, memberikan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk karir yang bekerja dengan sistem informasi. 

Baca Juga :  Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Mesin

Siswa belajar menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah bisnis.  Kurikulum sistem informasi manajemen menggabungkan topik bisnis dengan teknologi.  Mata kuliah sering kali mencakup materi berikut:

  • Sistem operasi
  • Aplikasi bisnis
  • Pengembangan sistem
  • Pengembangan dan pengelolaan database
  • Manajemen Sumber Daya Informasi
  • Manajemen Pengetahuan
  • Analisis sistem
  •  Desain sistem
  •  Manajemen database
  •  Manajemen informasi
  • Program Lainnya

Beberapa program memungkinkan siswa untuk mengejar area konsentrasi, seperti keamanan informasi, sistem informasi kesehatan, atau manajemen jaringan.  Kursus prasyarat, seperti pemrograman, analisis sistem, akuntansi, hukum bisnis, dan desain database dapat diselesaikan sebelum melanjutkan ke mata kuliah inti.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika sangat menjanjikan.  Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan Manajemen Informatika termasuk layanan desain sistem, perusahaan manajemen, perusahaan asuransi, dan penerbit perangkat lunak. 

Peran pekerjaan dapat mencakup analis bisnis, perancang perangkat lunak, pengembang perangkat lunak, analis sistem, analis programmer, dan konsultan teknologi.  Beberapa jenjang karir tertinggi untuk sarjana Manajemen Informatika meliputi:

Administrator Sistem Komputer

Administrator sistem komputer mendokumentasikan setiap malfungsi dan upaya pemecahan masalah dengan komputer untuk membantu menjaga kinerja mesin dan kebutuhan keamanan sesuai kode tanpa melebihi anggaran

 Administrator Basis Data

 Seorang administrator database bekerja dengan perusahaan untuk menyimpan data dan informasi penting menggunakan perangkat lunak khusus

 Pengembang Aplikasi

 Yang satu ini sudah cukup jelas — Pengembang aplikasi menggunakan perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi untuk berbagai perangkat

 Manajer Teknologi Informasi

Manajer teknologi informasi memimpin pekerja TI dalam perusahaan untuk memenuhi tujuan perusahaan melalui kebijakan dan penganggaran baru

 Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi ditugaskan untuk melindungi jaringan perusahaan dengan membuat langkah-langkah keamanan

 Ini hanya beberapa dari pilihan untuk berkarir di manajemen informatika, tetapi seperti yang dapat  dilihat dari contoh tersebut, ada berbagai macam peluang kerja dengan bayaran tinggi.

Baca Juga :  Video Bokeh

Kampus Terbaik Jurusan Manajemen Informatika

Beberapa cara untuk memilih kampus terbaik yang memiliki jurusan manajemen informatika adalah sebagai berikut :

1. Akreditasi

Semakin tinggi nilai akreditasi sebuah jurusan di sebuah kampus, maka semakin bagus kualitasnya.  Pilihlah kampus yang memiliki nilai akreditasi  tertinggi untuk jurusan manajemen informatika.

  • Fasilitas

Karena jurusan manajemen informatika membutuhkan banyak fasilitas Teknologi Informasi untuk mempraktekan mata kuliah seperti PC, Server, hosting. Pilihlah kampus yang memiliki fasilitas terlengkap.

  • Prestasi

Prestasi juga hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kampus manajemen informatika. Pilihlah kampus yang sudah terkenal memiliki prestasi di bidang teknologi informasi.

  • Alumni

Alumni sebuah kampus juga dapat menjadi bahan pertimbangan, biasanya jika alumninya memiliki kualitas yang baik, kampus tersebut biasanya juga memiliki kualitas terbaik.

  • Biaya

Pertimbangkan juga masalah biaya sebelum mendaftar pada sebuah kampus, karena hal ini tentu saja akan mempengaruhi keberlangsungan perkuliahan jangka panjang.

Berikut adalah Kampus Terbaik Jurusan Manajemen Informatika yang memiliki nilai akreditasi A :

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Islam Indonwsia
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Ahmad Dahlan
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta
  • Universias Pancasila
  • Universias Hasanuddin
  • Universitas Gunadarma
  • Politeknik Negeri Bandung
  • Universitas Presiden
  • Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Universias Bina Nusantara
  • Universias Mercu Buana
  • Universitas Surabaya
  • Universitas Telkom

Lihat Juga Artikel Lainnya :

Demikianlah informasi tentang  Prospek Kerja Jurusan Manajemen Informatika, semoga bisa menjadi bahan referensi buat kamu yang sedang mencari jurusan kuliah di bidang informasi teknologi.