Ciri Khusus Cumi-Cumi

Posted on

Ciri Khusus Cumi-Cumi – Kelompok besar moluska atau cephalopoda yang hidup di laut. Cumi-cumi merupakan salah satu hewan terhadap kelompok invertebrata (tanpa tulang belakang).

Cumi-cumi mempunyai suatu kerangka kurus, tubuh langsing, bening dan terkandung terhadap tubuhnya. Ciri-ciri dapat berenang dengan sistem jet propulsion, yang mengeluarkan air dalam bentuk corong melalui organ.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaika secara lengkap dan jelas yakni mengenai Ciri Khusus Cumi-Cumi. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Cumi-Cumi ?

Cumi-cumi merupakan jenis kelompok moluska yang hidup di laut atau cumi besar. Nama “Cephalopoda” yang terdapat dalam bahasa Yunani yang artinya “Kaki Kepala” karena kaki dibagi menjadi serangkaian tangan yang mengelilingi kepala.

Ciri-Khusus-Cumi-Cumi

Semua cephalopoda, hewan cumi-cumi tersebut, yakni dapatt dipisahkan satu sama lain oleh kepala yang berbeda. Cumi-cumi besar ini mempunyai diameter 1 mm. Cumi-cumi sering digunakan untuk makanan. Cumi-cumi merupakan salah satu hewan dengan kelompok invertebrata (tanpa tulang belakang).

Jenis cumi-cumi laut dalam yakni, “Heteroteuthis”, serta dapat memancarkan cahaya. Organ yang memancarkan dalam sebuah cahaya ada di bagian ujung depan yang panjang yakni akan terus menonjol.

Ini karena dalam sebuah peristiwa luminance telah terjadi dengan jenis cumi-cumi ini. Heteroteuthis dapat menyemprotkan dengan sejumlah besar cairan bercahaya ketika terasa terganggu, proses ini sama dengan tinta penyemprotan cumi-cumi biasa.

Ciri Umum Cumi-Cumi

Terdapat beberapa ciri terhadap hewan cumi-cumi yang secara umum, diantaranya ialah:

  • Dapat menyamarkan hewan yang beradaptasi terhadap lingkungannya.
  • Pembiakan hewan ini, yakni hanya melalui pembiakan dengan cara berhubungan. Cara membiakkan hewan ini, ialah dapat dilakukan dengan cara bertelur.
  • Mempunyai ketinggian dari kecil sampai besar, pada Architeuthis, yakni dapat berukuran sampai 16 meter.
  • Memiliki bentuk kepala runcing, tubuh memanjang, 8 lengan dan 2 tentakel tersebut.
  • Habitat laut, sebagian besar yakni akan berenang di sebuah perairan yang dangkal, tetapi ada berada di suatu kedalaman laut.
  • Dapat memuntahkan tinta padat untuk melindungi dengan sebuah ancaman predator.
  • Mempunyai sebuah mata.
  • Dalam ukuran wanita yakni lebih besar dari ukuran jantan.
  • Sistem pergerakan terhadap hewan cumi-cumi yakni dapat didasarkan dalam sebuah otot yang kompleks.
  • Cumi pakan utama adalah jenis plankton dan biota laut yang lebih kecil dari tubuh hewan cumi-cumi tersebut.
Baca Juga :  Bagian-Bagian Mata

Ciri Khusus Cumi-Cumi

Contoh-Bentuk-Cumi-Cumi

Terdapat beberapa ciri khusus dalam cumi-cumi ini diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Hewan cumi-cumi mempunyai sebuah tentakel pendek dan dapat cepat kusut.
  • Cumi-cumi bisa bergerak sangat cepat ketika diburu oleh predator.
  • Hewan ini bisa memancarkan ke dalam sebuah cahaya yang berkilau dan indah, sehingga pada hewan cumi-cumi dapat dengan mudah mencari makanan di malam hari.
  • Squid percikan tinta terkonsentrasi, yang digunakan untuk melindungi cumi-cumi, karena tinta yang di semprotkan oleh cumi-cumi dapat mengejutkan musuh selama beberapa detik. Setelah itu, cumi-cumi tersebut yakni segera akan melarikan diri.

Cara Berkembangbiak Cumi-Cumi

Kebanyakan dalam cumi-cumi bereproduksi secara berhubungan. Metode pengembangbiakan cumi-cumi dimulai terhadap jantan yang merayu betina berdasarkan warna kulit mereka.

Jika diterima oleh wanita, paket sperma yang disebut sebagai spermatophores ditransmisikan ke betina dengan lengan yang disebut hektocotylus.

Betina akan menghasilkan kira-kira dalam 200 telur dan menempelkan diri ke dasar laut dalam kelompok besar bersama telur betina yang lainnya.

Adanya sebuah sistem reproduksi secara berhubungan dalam cumi-cumi terdiri dari sistem reproduksi jantan, yang terdiri dari testis, penis, dan pori-pori genital.

Sedangkan jenis betina yakni telah mengandung saluran ovum, ovum dan kuning telur. Cumi-cumi memiliki sebuah sistem reproduksi yang terpisah, dengan gonad yang memiliki letak di sebuah bagian belakang tubuh.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Ciri Khusus Cumi-Cumi. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.