Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel

Posted on

Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel – Dalam suatu laporan baik itu laporan penjualan, pembelian, percobaan, dan lain-lain menggunakan persentase untuk memudahkan melihat kemajuan atau pun kerugian dari suatu barang. Persentase juga digunakan dalam hal lainnya. Dengan begitu akan terlihat apakah terdapat perbedaan dalam skala besar atau pun kecil.

Persentase sudah memiliki nilai mutlak sebesar 100%. Misalnya seperti kasus corona saat ini menimpa sebanyak 15 ribu orang, tetapi kita tidak mengetahui jumlah seluruh orang yang ada di suatu negara berapa orang.

Apakah 15 ribu orang termasuk jumlah yang sangat besar atau pun bukan. Dengan begitu akan lebih mudah menyajikan data menggunakan persentase. Sehingga orang pun akan mengetahui apakah kasus corona menyerang begitu banyak orang atau pun tidak.

Persentase dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan secara manual. Ya memang menghitung dengan cara manual akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada agar waktu yang kita gunakan pun lebih sedikit. Tentunya akan lebih efektif dan efisien juga.

Kita dapat menggunakan kalkulator atau pun microsoft excel. Perlu diketahui untuk menggunakan kedua alat tersebut kita tentunya harus mengetahui terlebih dahulu rumus atau formula function dari persentase dahulu. Hal ini akan memudahkan kita melakukan pekerjaan kita.

Kali ini terraveu.com akan menjelaskan mengenai Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel dengan jelas dan lengkap. Simak terus artikel ini ya. Jangan lupa untuk mencobanya juga agar lebih mudah memahaminya ya.

Pengertian Persentase

Persentase merupakan perbandingan atau angka. Persentase merupakan perbandingan atau angka. Tanda % merupakan simbol dari persentase yang menunjukkan kuantitas dengan perbandingan sebesar 100%. Nilai tersebut merupakan nilai tertinggi untuk suatu nilai atau disebut juga dengan nilai sempurna. Oleh karena itu, mendapatkan persentase sebesar 100 % sungguhlah sulit. Meski demikian mendapatkan persentase yang mendekati nilai tersebut tidaklah buruk.

Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel

Rumus Persentase

M % = M/100

Dengan M merupakan nilai persentase. Sehingga rumus persentase yaitu:

M % = nilai pecahan atau nilai perbandingan suatu bilangan X 100 %

Atau

Rumus Persantase
Rumus Persantase

Dengan,
Nilai pembanding merupakan jumlah keseluruhan.
Nilai yang dibandingkan merupakan jumlah bagian.
M merupakan persentase.

Cara Menulis Rumus Persentase dengan Kalkulator

Rumus yang telah disebutkan di atas merupakan rumus yang dapat digunakan dengan menggunakan kalkulator. Misalkan seorang pedagang gula menyetok gula sebesar 250 kg. Kemudian hari ini gula yang telah terjual sebanyak 55 kg. Berapa persentase gula yang telah dijual pada hari ini?

Adapun cara menghitung penjualan gula dengan menggunakan kalkulator yaitu:

  1. Tekan angka 55
  2. Kemudian tekan tanda (:)
  3. Tekan angka 250
  4. Kemudian tekan tanda (x)
  5. Tekan angka 100
  6. Maka Anda akan mendapatkan hasil sebesar 22.

Maka penjualan pada hari ini sebesar 22 %.

Kita biasa menemukan persen ketika kita berbelanja. Misalkan Anda ingin membeli sepatu dengan harga Rp500.000,-. Sepatu tersebut sedang diskon sebesar 10 %. Maka berapa potongan yang kamu dapatkan?

Berikut ini cara menggunakan kalkukalator:

  1. Tekan 10
  2. Kemudian tekan tanda %
  3. Lalu dikalikan dengan 500000
  4. Kamu akan memperoleh hasil sebesar Rp50.000,-.

Cara Menulis Rumus Persentase dengan Excel

Kita ambil contoh dari pedagang gula yang telah disebutkan di atas. Adapun berikut ini cara menghitung persantase menggunakan excel:

Baca Juga :  Rumus Count dan Sum dalam Microsoft Excel

Ketikkan rumus berikut ini pada sebuah cell kosong:

Ketik =4/9*100 kemudian tekan tombol ENTER.
Rumus Persentase dengan Excel.1
Rumus Persentase dengan Excel.1

Atau

Ketik =4/9% kemudian tekan tombol ENTER.
Rumus Persentase dengan Excel.2
Rumus Persentase dengan Excel.2

Pada cell di Microsoft excel akan menampilkan hasil perhitungan persentase yang Anda minta.

Cara tersebut merupakan cara yang bisa Anda praktikkan. Jika Anda memiliki banyak data, maka Anda hanya perlu mengcopy dengan cara drag cell yang ingin kamu copy tersebut.

Baca Juga:

Silakan praktikkan sendiri cara-cara yang telah disebutkan tersebut. Demikianlah artikel mengenai Cara Nulis Rumus Persentase dengan Kalkulator dan Excel yang telah dijelaskan dengan jelas dan lengkap.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan membantu Anda sekalian. Perlu diketahui bagi para orang tua untuk tetap memperhatikan anak Anda yang masih sekolah agar tidak terlalu terpaku pada kalkulator atau pun excel. Supaya di sekolahnya anak Anda menjadi mandiri dengan menghitung tanpa alat bantu seperti kalkulator.