Cara Menambah Simbol Rp dan IDR ke dalam Sel di Excel

Posted on

Cara Menambah Simbol Rp dan IDR ke dalam Sel di Excel – Ketika mengetik suatu laporan keuangan biasanya kita menggunakan bantuan microsoft excel. Hal ini lebih memudahkan dalam perhitungan. Selain itu, pekerjaan kita lebih cepat selain. Bukankah lebih efisien?

Sebelum memulai membuat laopran keuangan tahukkah kamu mata uang kita biasanya disingkat dengan simbol apa? Ya benar Rp. Rp merupakan lambang dari rupiah. Selain Rp biasanya kita juga menggunakan simbol IDR. Simbol tersebut digunakan untuk membedakan nilai, sama halnya dengan satuan.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara kita menambahkan satuan Rp atau IDR pada microsoft excel? Untuk menambahkan satuan tersebut kita hanya perlu menyettingnya. Oleh karena itu, terraveu.com akan membahas mengenai cara menambah simbol Rp dan IDR ke dalam sel di microsoft excel. Kuy kita simak cara kali ini.

Cara Menambah Simbol Rp dan IDR ke dalam Sel di Excel

Mata uang negara Indonesia yaitu rupiah. Rupiah dilambangkan atau disimbolkan dengan Rp. Sedangkan IDR merupakan simbol yang digunakan di international. IDR merupakan singkatan dari Rupiah Indonesia atau Indonesian Rupiah. Kedua simbol tersebut dapat digunakan sebagai satuan mata uang Indonesia. Itu artinya IDR dan Rp memiliki nilai yang masa. misalkan Rp10.000,- sama dengan IDR 10.000.

Ketika kita menulis nomial uang kita akan menuliskan simbol dari mata uang tersebut. Hal ini merupakan aturan dalam penulisan mata uang. Selain itu untuk membedakan juga mana jumlah barang, mana nominal uang. Laporan menjadi lebih rapi dan mudah dibaca tentunya.

Cara Menambah Simbol Rp dan IDR

Untuk menambahkan simbol Rp dan IDR pada excel tidaklah sulit. Anda dapat merubah setting yang awalnya General ke pengaturan Accounting. Pengaturan ini digunakan untuk merubah angka ke dalam bentuk mata uang.

Baca Juga :  Rumus Bangun Ruang 3D Geometri

Cara Pertama

Adapun berikut ini cara menambah simbol Rp dan IDR di excel yaitu:

  1. Blok terlebih dahulu sel atau kolom atau baris yang akan disetting simbol Rp dan IDR.
  2. Klik kanan pada kolom yang diblok tersebut.
  3. Pilihlah Format Cells.
  4. Setelah tampil window Format Cells, pilihlah tab Number.
  5. Kemudian pilihlah Accounting, klik Symbol dan pilihlah Rp jika ingin simbol Rp, sedangkan untuk simbol IDR pilihlah IDR.
    Selain itu, untuk menambahkan simbol Rp Anda juga dapat menggunakan Currency.
  6. Pada Decimal places, Anda bisa menambahkan atau tetap membiarkannya di posisi 0. Decimal places berguna untuk menambahkan angka di belakang koma. Misalkan Anda ingin menuliskan Rp155.000,00. Berarti Anda merubah Decimal placesnya dari 0 menjadi 2.
  7. Lalu klik OK.

Selain dengan cara klik kanan pada sel yang telah diblok, Anda juga dapat menggunakan ctrl+1. Setelah Anda menekan ctrl+1, akan tampil window Format Cells. Kemudian Anda selanjutnya dapat mengikuti cara di atas.

Secara otomatis sel yang telah Anda blok tadi akan berubah dengan simbol yang telah Anda pilih sebelumnya.

Cara Kedua

Selain cara tersebut Anda juga bisa menggunakan cara yang hampir sama dengan cara di atas untuk menambahkan simbol Rp yaitu sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu blok sel yang akan disetting dengan simbol Rp.
  2. Pada tab menu Home, pilihlah Number.
  3. Ubah General menjadi Accounting atau Currency untuk menambahkan simbol Rp.

Cara Ketiga

Untuk menambahkan simbol IDR atau Rp berikut ini cara yang dapat Anda gunakan yaitu:

  1. Setelah memblok sel atau kolom atau baris yang akan disetting ke simbol IDR atau Rp.
  2. Pilih Number pada tab menu Home.
  3. Akan tampil window Format Cells, pilihlah tab Number.
  4. Kemudian pilihlah Accounting, klik Symbol dan pilihlah IDR untuk menambahkan simbol IDR atau pilih Rp jika ingin simbol Rp.
  5. Klik OK.
Baca Juga :  Rumus Modus Beserta Contoh Soal dan Formula

Cara-cara tersebut merupakan cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan.

Yang terpenting yaitu untuk menambahkan satuan simbol, Anda dapat merubah setting pada Format Cells dan pilih Number untuk memilih fungsi mana yang tepat yang akan Anda gunakan.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai cara menambah simbol Rp dan IDR ke dalam sel di excel yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam pengerjaan pekerjaan kalian. Terima kasih.