Cara Memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel

Posted on

Cara Memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel – Persamaan linear terdiri dari berbagai variabel salah satunya yaitu persamaan linear dua variabel. Persamaan linear ada pada bidang matematika yang membutuhkan pemecahan soal yang panjang dan menggunakan beberapa metode pengerjaan menjadikan materi ini menjadi lebih sulit. Apalagi persamaan linear termasuk materi aljabar yang terkadang membuat bingung cara pemecahan soalnya.

Persamaan linear mulai dipelajari saat di bangku sekolah menengah. Meski begitu materi ini sering sekali kita temui. Dari bentuk yang sederhana hingga bentuk yang menggunakan variabel yang banyak. Semakin dibayangkan mungkin akan menjadikan Anda “mabok”. Tetapi jika Anda memahami dari dasar cara pengerjaannya, InsyaAllah Anda akan lebih mudah dalam mengerjakannya. Tidak akan kebingungan bagaimana mengerjakannya, awalnya harus bagaimana, lalu diapakan dan hasilnya bagaimana. Oleh karena itu, memahami konsep di awal memanglah sangat penting. Hal ini dikarenakan soal yang berhubungan dengan persamaan linear tidaklah sama dengan apa yang ada di buku.

Kali ini terraveu.com akan membahas mengenai cara memecahkan soal mengenai persamaan linear dua variabel yang akan dijelaskan dengan jelas dan lengkap. Anda juga dapat membaca materi sebelumnya yang masih berhubungan dengan materi ini yaitu Contoh Cara Memecahkan Persamaan Linear dengan bantuan Excel. Simak terus cara pemecahannya ya.

Persamaan Linear Dua Variabel

Persamaan Linear Dua Variabel atau biasa disebut dengan Sistem Persamaan Dua Variabel (SPDV). Variabel yang dimiliki oleh persamaan ini yaitu dua variabel.

Cara Memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel

Misalkan:

ax = c

Persamaan tersebut merupakan persamaan linear yang terdiri dari satu variabel. Variabelnya yaitu x.

Baca Juga :  Pengertian Nilai Mutlak (Absolute)

ax + by = c

Dari persamaan tersebut memiliki dua variabel yang disebut dengan persamaan linear dua variable. Tahukah kamu mana variabelnya? Ya. Variabel pada persamaan tersebut yaitu x dan y. Kemudian persamaan di atas, huruf yang menempel pada variabel disebut dengan koefisien. Sehingga, a dan b merupakan koefisien. Sedangkan c merupakan konstanta.

Jadi,

ax + by = c

dengan,
a, b = koefisien
x, y = variabel
c = konstanta

Pada persamaan tersebut, biasanya kita akan mencari nilai dari variabel yaitu nilai x dan y.

Cara memecahkan Soal Persamaan Linear Dua Variabel

Dalam soal biasanya persamaan linear dua variable akan diberikan secara langsung atau pun cerita. Maksudnya adalah soal akan langsung diberikan dalam bentuk persamaan linear dan diperintahkan untuk mencari nilai x dan y. Selain itu juga dapat dibuat dengan soal cerita dengan memisalkan besaran menjadi variabel.

Berikut ini cara untuk memecahkan soal persamaan linear dua varibel yaitu dengan cara di antaranya:

  1. Memisalkan besaran yang ada pada soal dengan variabel atau simbol. Contohnya jika di soal diberitahukan bahwa terdapat pena dan pensil maka pena dimisalkan dengan x dan pensil dengan y.
  2. Setelah itu membuat model matematikanya dengan menggunakan persamaan linear yaitu ax + by = c.
  3. Ketika model persamaan telah dibuat barulah Anda dapat mencari solusi dari model permasalahan tersebut dengan beberapa metode pada sistem persamaan linear dua variable tersebut.

Metode Pemecahan

Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah mengenai persamaan linear dua variabel yaitu:

a. Metode grafik

Grafik juga dapat digunakan untuk menentukan nilai x dan y. Dengan menggambar grafik dari dua buah persamaan. Pertama, mencari garis lurus untuk persamaan pertama, kemudian garis lurus yang kedua untuk mencari persamaan kedua. Setelah itu, akan ditemukan titik potong pada kedua garis lurus tersebut yang merupakan nilai x dan y yang dicari.

Baca Juga :  Rumus Segilima Luas, Keliling, dan Sisi + Contoh Soalnya

b. Metode substitusi

Metode substitusi merupakan metode dengan memasukkan atau mengganti nilai x atau pun y pada suatu persamaan ke persamaan lainnya.

c. Metode eliminasi

Eliminasi merupakan cara yang sering kita dengar, bukan? Dengan metode ini kita akan menyingkirkan satu varibel untuk mengetahui nilai dari variabel lainnya.

d. Metode gabungan

Dengan metode eliminasi dan substitusi ini dapat juga digunakan untuk mencari nilai x dan y. Metode ini disebut dengan metode gabungan.

Biasanya untuk mencari nilai x dan y pada persamaan linear dua varibel tersebut menggunakan metode gabungan untuk lebih memudahkan dan efisien tentunya.

Baca Juga:

Tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? Demikianlah penjelasan mengenai cara memecahkan soal persamaan linear dua variabel yang telah dijelaskan secara lengkap. Semoga artikel ini membantu Anda dalam pemecahan masalah dalam soal serupa. Terima kasih.