BNI SMS Banking

Posted on

BNI SMS Banking – Pertumbuhan perbankan di kalangan Indonesia merupakan salah satu pertanda pertumbuhan ekonomi domestik. Beberapa bank yang berbasis di Indonesia bahkan mengalami pertumbuhan aset yang signifikan. Beberapa termasuk bank nasional. Sedangkan bank asing lainnya.

Sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang, semua bank berlomba-lomba untuk mendapatkan layanan terbaik dari sisi layanan sistem dan kemudahan bertransaksi serta layanan perbankan bagi nasabah. Semuanya dilakukan untuk meraih predikat “Service Excellence” di mata masyarakat.

Kondisi dunia perbankan yang demikian membuat iklim persaingan antar lembaga perbankan semakin kompetitif. Pelanggan pasti akan mendapat manfaat dari persyaratan ini. Karena memiliki banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Lembaga perbankan memberikan segala kemudahan yang di fasilitasi oleh layanan yang didukung oleh perkembangan teknologi untuk menarik banyak orang sebagai nasabah. Lalu, bagaimanakah cara mudah untuk cek saldo?

Cara Mudah Cek Saldo Rekening Bank BNI

BNI-SMS-Bankingg

Ada 3 cara yakni sebagai mengecek rekening saldo bank BNI tersebut. Dari adanya sebuah fungsi konvensional yakni dengan melalui ATM sampai komunikasi yang berbasis sebuah teknologi dengan melalui SMS banking. Pelanggan hanya tinggal memilih mana yang akan digunakan, berikut ialah penjelasan nya:

1. Cara Cek Saldo Via SMS Banking

Dengan SMS banking, Anda dapat menikmati berbagai kesenangan. Banking SMS Banking Fungsi BNI antara lain transaksi wire transfer (rekan BNI atau bank lain), pembelian pulsa, token PLN Prepaid, pascabayar handphone/telepon, pembyararan tagihan kartu kredit BNI atau bank lain, air PDAM, TV/Internet berlangganan, BPJS, multifinance, tiket pesawat, dan lainnya. Dan jangan lupa untuk mengecek saldo Anda melalui SMS banking.

Untuk menggunakan SMS banking, caranya mudah. Yang harus Anda lakukan adalah:

  • Pendaftaran dengan melalui ATM BNI.
  • Mendaftar pada menu registrasi E-Channel di ATM BNI dengan tahapan sebagai berikut: Pilih BNI SMS Banking> Masukkan nomor ponsel> Buat nomor PIN SMS banking (6 digit).
  • Setelah berhasil, slip registrasi akan dikeluarkan oleh ATM dan ponsel Anda akan menerima SMS berisi informasi bahwa registrasi Anda telah berhasil sejak 3346.
  • Layanan seperti cek saldo rekening, mutasi rekening, informasi penagihan, nomor perubahan PIN perbankan SMS dan fungsi dukungan tersedia untuk Anda.
  • Sementara itu, pembayaran tagihan, layanan transfer, dan isi ulang pulsa dapat diberikan jika Anda mengaktifkannya di cabang BNI terdekat.
  • Bawa slip registrasi SMS banking Anda dan tampilkan notifikasi SMS.
  • Bawa identitas diri (SIM, KTP, Paspor) dan buku rekening BNI atau kartu BNI Anda.

Layanan atau fungsi dalam SMS Banking dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 3346 dengan format sebagai berikut:

  • SAL untuk mengecek saldo.
  • TRF No. rekening target transmisi nominal untuk transmisi interval BNI.
  • HST untuk pemindahan akun.
  • TRF ANTARBANK kode bank + tujuan penerima transmisi nominal ##** untuk antarmuka atau transmisi online.
  • PAY BNI no. Kartu kredit Jumlah pembayaran untuk pembayaran kartu kredit BNI.

2. Cara Cek Saldo Via ATM

Cara ini sudah diketahui oleh Anda yang terbiasa menggunakan layanan perbankan. Segera setelah Anda terdaftar sebagai nasabah BNI (ini juga berlaku untuk semua bank), Anda akan menerima buku rekening dan kartu ATM.

Jika nanti Anda butuh uang, atau hanya ingin tahu saldo di rekening Anda, Anda harus pergi ke ATM BNI terdekat. ATM BNI standby selama 24 jam. Dengan ATM BNI Anda dapat menarik uang tunai, mendaftarkan e-channel, menyetorkan uang tunai, melakukan transfer, memeriksa saldo, dan membuat berbagai jenis faktur pembayaran dan pembelian.

Kehadiran ATM BNI hingga saat ini telah mencapai 16.400 ATM di seluruh Indonesia. ATM BNI terhubung dengan 58.000 ATM Link, 76.000 ATM bersama, dan 96.000 ATM PRIMA. ATM BNI juga terhubung di seluruh dunia dengan jaringan internasional Master Card, Visa, Visa Electron, Plus, JCB, jaringan pembayaran Asia (ITMX / MEPS / KFTC), ATM berlogo Cirrus, Union Pay.

Menggunakan kartu ATM cukup sederhana dan mudah dimengerti. Karena apa yang terekam di layar ATM memiliki instruksi yang jelas, Anda tidak dapat berhenti menggunakannya. Anda harus tahu bahwa PIN, yang menjadi tanggung jawab Anda secara pribadi dan demi keamanan, harus diubah secara berkala. Jika mengalami kendala seperti menelan kartu ATM, segera hubungi call center Bank BNI.

Bank BNI menawarkan beberapa jenis ATM, antara lain:

  • ATM, fungsinya yakni sebagai menarik uang tunai.
  • ATM cashless, berfungsi sebagai melakukan transaksi perbankan, kecuali tarik tunai dan setor tunai.
  • Mesin Setor Tunai ATM (CDM) yang fungsi utamanya adalah untuk melakukan setoran tunai.
  • ATM Cash Recycling Machine (CRM), berfungsi untuk menarik uang tunai dan berfungsi untuk tarik tunai ATM, ATM nontunai dan ATM.

3. Cara Cek Saldo Via Internet Banking

Layanan yang satu ini cocok untuk pelanggan yang aktivitasnya didukung oleh internet. Keunggulan yang Anda dapatkan dari internet banking tentunya bisa Anda dapatkan kapan pun dan di mana pun. Misalnya, pembayaran tagihan, mutasi rekening, cek saldo, transfer, dan perencanaan keuangan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan internet banking ada dua pilihan yaitu ATM BNI atau customer service di cabang terdekat. Bagi yang ingin mendaftar melalui ATM, harap sediakan hal berikut:

  • Registrasi di ATM pada menu registrasi E-Channel dan pilih BNI Internet Banking.
  • Masukkan 6 (enam) digit PIN registrasi BNI Internet Banking.
  • Jika proses berhasil maka struk ATM akan ditampilkan sebagai bukti bahwa Anda telah berhasil mendaftar ke internet banking. Tanda terima mencantumkan kode aplikasi BNI Internet Banking dengan 6-8 karakter.
  • Proses aktivasi tetap akan dilakukan di bni.co.id dan menu INTERNET BANKING akan muncul di halaman website. Klik tombol Masuk.
  • Kemudian klik link “Klik disini untuk aktivasi registrasi BNI Internet Banking”.
  • Masukkan 6-8 digit kode aplikasi BNI Internet Banking pada struk ATM, kode Captcha dan PIN registrasi 6 PIN BNI Internet Banking.
  • Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor ponsel Anda dan sistem akan mengirimkan kata sandi satu kali (OTP) melalui SMS untuk masuk nanti.
  • Jika kode OTP yang dimasukkan cocok dengan yang dikirim oleh sistem, maka proses aktivasi akan dilanjutkan.
  • Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan password minimal 8 karakter atau maksimal 12 karakter, kombinasi angka dan huruf.
  • Kemudian ID pengguna muncul di layar dengan detail akun, nomor ponsel, dan alamat email. Jika datanya tidak cocok, perbaiki di menu yang tersedia atau hubungi customer service.
  • Pada langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk mengaktifkan akses BNI Internet Banking.

Jika Anda mendaftar langsung di cabang, Anda harus membawa ID pribadi (SIM / KTP / Paspor / KITAS) dan buku rekening Anda (buku tabungan atau kartu kredit BNI). Saat Anda mengaktifkan Internet Banking, Anda akan didukung oleh customer service sehingga segala permasalahan yang dihadapi dapat teratasi dengan cepat.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai BNI SMS Banking. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.