Bagian Telinga

Posted on

Bagian Telinga – Telinga adalah salah satu organ dalam tubuh kita. Menurut situs resmi Republik Indonesia, telinga adalah organ perseptual yang bertanggung jawab untuk mendengar. Setiap bagian organ tersebut yakni mempunyai sebuah peran dan fungsinya sendiri.

Telinga yakni mempunyai reseptor khusus untuk menyaring dan mengenali semua suara dari gendang telinga. Dibandingkan dengan organ lain, kesehatan telinga bisa terlewatkan. Faktanya adalah jika salah satu bagian organ itu akan rusak, keseimbangannya bisa terganggu selain fungsi pendengaran.

Komposisi anatomi telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah dan tengah. Setiap tempat tersebut yakni akan berisi bagian-bagian berbeda yang dengannya fungsi organ tersebut akan dapat diselesaikan.

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Bagian-Telinga

Telinga manusia yakni hanya bisa dilihat. Organ ini terdiri dari tiga bagian, telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Masing-masing dalam bagian itu juga mempunyai dengan berbagai fungsi.

Telinga luar merupakan dalam sebuah bagian yang bisa Anda lihat dengan jelas. Sementara telinga tengah dan dalam, yang ada di lubang telinga. Berikut ini adalah penjelasan bagian organ tersebut dan fungsinya.

1. Telinga luar

Adapun berbagai bagian dalam telinga luar, diantaranya ialah:

a. Saluran Telinga

Telinga atau saluran telinga, yakni memiliki suatu panjang kanal kurang lebih 2,5 cm dan dimulai di tempat lubang telinga luar dan akhirnya di bagian gendang organ tersebut.

b. Daun Telinga

Dalam daun telinga yakni suatu bagian yang termasuk tulang rawan dan kulit. Saluran telinga memegang dan mengarahkan gelombang suara dari luar telinga dan dengan demikian memasuki saluran luar. Dari saluran ini, gelombang suara tersebut yakni kemudian mencapai ke gendang telinga, yang juga dikenal sebagai gendang telinga atau membran timpani.

Baca Juga :  Kingdom Plantae

2. Telinga Tengah

Adapun berbagai bagian dalam organ tersebut, yakni:

a. Tuba Eustasia

Ada juga tabung Eustasis di telinga tengah. Tabung eustasis adalah bagian dengan tabung berdiameter sempit yang dapat menghubungkan dalam suatu telinga tengah ke jembatan hidung dan nasofaring atau leher.

Tuba eustasia yakni mempunyai suatu fungsi adalah saluran napas ke telinga tengah dan lendir dari telinga tengah ke nasofaring. Jika Anda menelan gerakan, tabung eustasis terbuka dan udara bisa masuk ke telinga tengah. Ini menjaga tekanan udara di kedua sisi gendang telinga seimbang.

Bentuk-Telinga

b. Osikel

Dalam oksikel merupakan dalam sekelompok tulang yang membentuk telinga tengah, yakni:

  • Maleus atau martil
  • Stapes atau sanggurdi
  • Incus atau landasan

Gelombang suara yakni dapat masuk dengan cara menggetarkan gendang telinga. Getaran gendang telinga kemudian yang memperkuat suara, ditransmisikan ke osilator, dan berlanjut pada membran antara telinga dalam dan tengah.

3. Telinga Dalam

Adapun beberapa bagian dalam, diantaranya ialah:

a. Koklea

Koklea merupakan bagian organ yang seperti kulit siput. Koklea mengubah getaran suara yang ditransmisikan dari telinga tengah menjadi sinyal saraf yang ditransmisikan ke bagian otak.

b. Kanal Semisirkular

Kanal setengah lingkaran adalah bagian dari organ tersebut yang menjaga keseimbangan tubuh. Saluran ini mengandung rambut halus dan cair. Saat kepala Anda bergerak, cairan di saluran bergerak, rambut halus bergerak. Gerakan rambut ini kemudian dikirim sebagai sinyal informasi ke saraf vestibular di bagian otak.

Setelah menerima sebuah informasi ini, bagian otak menerjemahkan sinyal ini dan mengirimkan ke sebuah informasi terhadap otot yakni sebagai mengaturnya sehingga tubuh tetap dalam posisi seimbang.

Baca Juga :

Baca Juga :  Hormon Giberelin

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bagian Telinga. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.