Aplikasi Ranking Kelas Excel Simple dan Auto Sortir

Posted on

Aplikasi Ranking Kelas Excel Simple dan Auto Sortir – Sekolah dan murid tidak lepas dengan raport. Raport merupakan laporan siswa mengenai nilai keseluruhan dari setiap mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Setiap semester dan sebagai penutup tahun ajaran baik itu di pertengahan semester atau pun akhir semester akan diberikan raport.

Setelah melaksanakan ujian akan mendapatkan hasil dari nilai tiap pelajaran. Tiap guru khususnya guru wali kelas akan sibuk dengan nilai seluruh muridnya. Jika murid pada kelas tersebut tidaklah banyak, guru tidak terlalu kesulitan. Memasukkan nilai, menghitung, lalu mengurutkannya memang terlihat simple tapi kenyataannya? Semakin banyak murid, maka semakin banyak pula pekerjaannya.

Menghitung secara manual tentunya akan memakan banyak waktu. Hal inilah yang membuat pekerjaan semakin berat. Oleh karena itu, banyak guru yang mengerjakan raport dengan bantuan aplikasi salah satunya yaitu menggunakan aplikasi microsoft excel. Bagaimana cara mengerjakannya? Pada terraveu.com kali ini akan membahas mengenai aplikasi ranking kelas excel simple dan auto sortir. Simak terus artikel ini ya.

Aplikasi Ranking Kelas Excel Simple dan Auto Sortir

Ketika mulai mendekati akhir semester, para guru mulai sibuk mengumpulkan nilai-nilai muridnya. Memasukkan nilai muridnya dari awal semester hingga akhir semester, baik itu tugas, ulangan, atau pun pekerjaan rumah. Semua nilai murid akan dihitung dan dimasukkan menjadi satu nilai dalam raport.

Raport akan dibuat setelah semua nilai siap. Setelah mendapatkan nilai dari tiap pelajaran, guru mulai memasukkan nilai-nilai tersebut ke Aplikasi Ranking Kelas Excel yang telah dibuat. Aplikasi ini dibuat untuk membantu guru untuk lebih mudah mengerjakan pekerjaannya dalam membuat raport.

Aplikasi ini dibuat dengan simple dan mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, pekerjaan Anda menjadi lebih efisien dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan raport anak didik Anda.

Aplikasi Ranking Kelas Excel

Microsoft excel menjadi salah satu aplikasi yang digunakan untuk memudahkan sort ranking. Aplikasi telah disetting untuk menentukan jumlah nilai dari setiap pelajaran tiap murid. Selain itu juga aplikasi ini telah diatur untuk mengurutkan Ranking dan Auto Sortir. Aplikasi ini dibuat dengan simple agar Anda dapat menggunakan dengan mudah dan tidak kesulitan.

Ranking akan terurut secara otomatis karena telah di sort sebelumnya. Hal ini karena ranking berkorelasi dengan total nilai dari tiap murid keseluruhan. Lebih menghemat waktu untuk sort nilai bukan?

Pastikan Anda tidak salah dalam memasukkan jumlah nilai tiap murid Anda supaya tidak ada kesalahan dalam pemberian ranking. Pada aplikasi ini juga diberikan contoh supaya Anda tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini.

Cara Penggunaan

Penggunaan aplikasi ini tidaklah sulit. Berikut ini merupakan cara untuk menggunakan aplikasi ranking kelas yaitu di antaranya:

  1. Masukkan nomer absen murid Anda pada kolom No. Absen.
  2. Kemudian masukkan nama tiap murid pada kolom Nama.
  3. Untuk nilai tiap pelajar silakan masukkan pada tiap-tiap kolom mata pelajaran, Anda dapat menambahkan mata pelajaran yang belum tertulis. Jika Anda ingin menambah kolom mata pelajaran pastikan menambahkan kolom di sebelah kiri dari mata pelajaran TIK ya, yaitu sebelah kiri kolom K. Hal ini bertujuan supaya rumus pada Total Nilai dan Ranking tidak berubah.
  4. Nilai pada Total Nilai akan secara otomatis terjumlahkan. Sama halnya dengan Ranking. Ranking akan secara otomatis keluar.
  5. Untuk sort ranking Anda hanya perlu mengklik tanda segitiga yang berada di pojok sebelah kanan atas kolom Ranking.
    Apabila Anda ingin sort ranking dari Ranking 1, 2, 3, dan seterusnya, Anda dapat memilih Sort Smallest to Largest.
    Tetapi jika Anda ingin sort ranking dari besar ke kecil seperti 4, 3, 2, dan 1 Anda dapat memilih Sort Largest to Smallest.
  6. Secara otomatis data murid Anda akan terurut berdasarkan ranking.
Auto-Sort-Ranking
Auto Sort Ranking

Jika Anda ingin mengurutkan berdasarkan nama anak murid, Anda dapat memilih pada Nama. Begitu pula pada Total Nilai. Anda dapat menggunakan cara di atas.

Baca Juga :  Rumus Formula dalam Excel

Pada aplikasi tersebut telah dibuat untuk 50 orang anak murid didik. Silakan Download aplikasi berikut ini:

Baca Juga:

Silakan mencoba aplikasi tersebut untuk membantu Anda dalam meringankan tugas Anda. Demikianlah penjelasan mengenai Aplikasi Ranking Kelas Excel Simple dan Auto Sortir serta contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.